10 PKD se-Kecamatan Lubukkeliet Resmi dilantik, Ini Pesan Hendra!

0
Share

Bekawan.co.id, Ogan Ilir – Ketua Panwaslu Kecamatan Lubukkeliat, Hendra Kurniawan, melantik 10 anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan  Lubukkeliat, sekaligus pengambilan sumpah janji tugas PKD, bertempat di gedung balai serbaguna Desa Betung II, Kecamatan Lubukkeliat, Kabupaten Ogan Ilir, Senin siang (06/02/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Hendra mengingatkan, setiap PKD dalam pelaksanaan Pemilukada sesuai dengan tugas dan wewenang yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Walikota/Wakil Walikota, Bupati/Wakil Bupati, DPRD dan DPD dalam pengawasan tahapan-tahapan Pemilu.

“Selamat kepada 10 PKD yang telah dilantik, semoga tugas diembankan kepada anda semua bisa dijalankan di setiap lokasi tugas,” ujarnya.

Ia berharap, agar setiap PKD bisa memahami tugas dan tanggungjawab di desa dalam menjalankan tugas pengawasan seluruh tahapan-tahapan Pilkada di desa.

“Bekerjalah dengan baik dan jeli melihat hak-hak warga yang tidak terakomodir dalam Pilkada seperti warga yang belum terdaftar di DPT tapi sudah memenuhi syarat,” tegasnya.

“Wilayah yang diawasi PKD, adalah di wilayahnya yakni di Desa dan Kelurahannya masing masing. Jangan ikut-ikutan dalam tindakan yang bisa melanggar pelaksanaan Pemilukada. Semboyan Bawaslu harus dipegang teguh, yakni Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu,” sambungnya.

Sementata itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir diwakili oleh Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sangketa, Karlina yang juga mengingatkan para PKD akan tugas dan tanggungjawabnya.

“Begitu anda menandatangi fakta integritas, maka anda wajib menjalankan tugas mengawal demokrasi dalam pelaksanaan Pemilukada. Maka negara menunjuk dan memerintahkan para PKD untuk melaksanakan tugas pengawasan di tingkat Desa/Kelurahan,” ucapnya.

Karlina juga mengucapkan selamat atas pelantikan para pejuang hebat, pejuang demokrasi di desa/Kelurahan yang merupakan tonggak demokrasi bangsa.

Sementara Danramil Kecamatan Tanjungbatu diwakili BSerka Budiman juga mengajak para PKD, untuk bekerja dengan jujur dan bekerja secara iklas.

“Jika kedua hal ini dikerjakan, maka apapun masalah di lapangan pasti bisa diselesaikan dengan baik. Menjadi harapan kita bersama, Pilkada Kabupaten Ogan Ilir bisa berjalan dengan baik juga,” katanya.

Sedangkan anggota Panwaslu Kecamatan Lubukkeliat, Tasmi Wulandari menambahkan, seusai pengambilan sumpah janji, serta pendatanganan pakta integritas PKD se-Kecamatan Lubukkeliat dilakukan. Selanjutnya, dilanjutkan sesi bimbingan teknis (bimtek).

“Untuk kegiatan bimtek PKD, nanti akan kami laksanakan di seketariat Panwascam Lubukkeliat,” jelasnya.

Terpantau awak media, pada acara tersebut juga dihadiri, Camat Lubukkeliat diwakili Kasi PMD, Abdullah Soby; pihak Polsek Tanjungbatu; Danramil Tanjungbatu diwakili Serka Budiman; Ketua Bawaslu Ogan Ilir diwakili Karlina, Anggota Panwaslu Kecamatan Lubukkeliat, Hendra Kurniawan, Nino dan Tasmi Wulandari; Kades Betung II, M. Rojali. (Tum/BKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *