Algafry Sidak Pasar, Dipastikan Stok Aman dan Harga Daging Maksimal 150.000 hingga Lebaran

0
Share

Bekawan.co.id, Koba – Pantau harga bahan pokok di Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Bupati Bangka Tengah menggelar sidak pasa bersama dengan Forkopimda Kabupaten Bangka Tengah di Pasar Modern, Koba pada Selasa (28/3/2023).

Berdasarkan pantauan Bekawan.co.id di Pasar Modern Koba harga rata-rata beberapa bahan pokok pangan dan barang strategis di Bateng dalam kondisi normal, seperti beras Rp136.000 hingga Rp138.000 per 10 kilogram, minyak goreng jenis fortune Rp18.000 per liter.

Kemudian daging sapi paha Rp150.000 per kilogram, ayam broiler Rp33.000 per kilogram, telur ayam Rp1.900 per butir, gula pasir Rp14.000 per kilogram, bawang merah Rp38.000 per kilogram, bawang putih Rp33.000 per kilogram dan cabai rawit Rp50.000.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan sidak yang dilakukan ini selain memantau harga, pihaknya ingin memastikan, apakah ketersediaan bahan pokok saat ini masih aman.

“Hari ini kita lakukan pengecekan untuk melihat fluktuasi harga dan alhamdulillah tidak ada harga yang naik signifikan, bahkan ada penurunan, seperti pada komoditas cabai dan jika melihat trend harga ikan juga mengalami penurunan, misalnya Ikan Tenggiri Rp90.000 per kilogram, padahal biasanya bisa mencapai Rp110.000 per kilogram,” ujarnya kepada Bekawan.co.id.

“Sedangkan untuk hortikultura seperti cabai dan bawang harganya masih standart tidak ada kenaikan,” sambungnya.

Algafry menyebutkan, harga daging sapi hingga menjelang hari raya idul fitri 2023 dipastikan maksimal Rp150.000 per kilogram dan stok dipastikan aman.

“Potensi kenaikan harga sendiri, kita juga melakukan komunikasi dengan Haji Samud sebagai distributor dan beliau komitmen tidak akan menaikkan harga daging sapi sampai lebaran maksimal Rp150.000 per kilogram,” ungkapnya.

Ia pun berpesan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam mengatur anggaran keuangan.

Ia juga berpesan, agar warga lebih bisa mengatur keuangannya lebih baik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Mulailah atur keuangan di bulan ramadan ini, karena bakal ada kebutuhan tambahan seperti kue dan baju lebaran, semoga keuangan stabil dan tercukupi,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disperindagkop-UMKM Bateng, Ali Imron mengatakan ada beberapa upaya yang dilakukan dalam pengendalian harga pokok saat ini.

“Pertama kita melakukan pengecekan stok ke distributor, 3 lalu memastikan distribusi lancar dan menggelar operasi pasar,” tuturnya.

Kemudian, berdasarkan sidak yang telah pihaknya lakukan ke distributor, stok bahan pangan hingga lebaran tercukupi.

“Stok seperti beras, gula dan minyak insyallah tercukupi, sedangkan untuk daging khusus wilayah Koba di agen Haji Samud ada sekitar 300 ekor sapi dan 2 agen besar lainnya di Bateng juga memiliki stok 300 hingga 400 ekor sapi,” pungkasnya. (Robie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *