Bateng Raih 12 Besar Penghargaan Pembangunan Daerah 2023 Dari 416 Kabupaten

0
Share

BEKAWAN.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) menjadi salah satu daerah yang berhasil masuk nominasi 12 besar terbaik dari 416 Kabupaten se-Indonesia dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023.

Atas pencapaian tersebut, Pemkab Bateng diundang langsung dalam pagelaran Expo Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dengan tema Menuju Indonesia Emas 2045 di Jakarta Convention Center (JCC), pada Selasa (16/5/2023).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan PPD merupakan evaluasi pembangunan daerah secara kreatif melalui tiga tahap yaitu penilaian dokumen, presentasi dan wawancara serta verifikasi.

“Alhamdulillah, tahun ini Kabupaten Bangka Tengah terpilih menjadi yang terbaik di Tingkat Provinsi dan mewakili Bangka Belitung untuk mengikuti penilaian Kabupaten Terbaik di Tingkat Nasional dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023,” ucapnya kepada Bekawan.co.id.

Untuk itu, Algafry sangat mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat sehingga Bateng menjadi salah satu dari 12 provinsi terbaik yang meraih PPD Tahun 2023.

“Semoga pencapaian ini menjadi acuan kita untuk selalu bisa memberikan yang terbaik, meskipun ini merupakan pengalaman pertama bagi kami,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Joko Triadhi menyebutkan PPD yang diperoleh pada tahun ini merupakan pengalaman pertama bagi Pemkab Bangka Tengah dan bisa mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, meskipun Bangka Tengah belum jadi juara, tapi ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk dijadikan pengalaman ke depannya,” ujarnya.

Disampaikannya, bahwa yang berhasil menjuarai PPD 2023 ini yakni, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Aceh Barat, dan Kabupaten Garut.

“Mudah-mudahan tahun depan Bangka Tengah bisa berpartisipasi kembali, dan yang terjadi saat ini akan menjadi bahan evaluasi kedepan untuk bisa memberikan yang terbaik,” terangnya.

Dia pun mengatakan, ada beberapa hal yang masih perlu penguatan seperti inovasi, arahan hingga konsep yang lebih matang.

“Dalam PPD 2023 ini kita wajib menampilkan 1 program dan 1 inovasi unggulan dan perlu diketahui bahwa dalam program inovasi yang ditawarkan OPD yang terlibat banyak,” pungkasnya. (Robie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *