DLH Basel Akan Ubah TPA Liar Menjadi Taman

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan menyulap sebuah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) liar yang berada di Jl Kapuk, Kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali menjadi taman hijau indah dengan tanaman holtikultura, Jumat (24/3).

Rencana sulap TPA menjadi taman ini dilakukan tidak sendirian dari DLH saja. Akan tetapi melibatkan instansi Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) dan Pemerintah Kecamatan Toboali, Kelurahan dan RT/RW sekitar kawasan tersebut. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas LH Basel Hefi Nuranda.

“Lokasinya persis ada di depan Dokter Andrian, masuk ke dalam, tembus ke arah Jalan Angsana. Jadi kenapa ini akan kita sulap jadi taman, karena kami sudah sering bersihkan tapi tetap ada saja yang buang sampah di sana. Dan kawan-kawan mungkin sudah lima kali bersihkan sampah di situ,” ujarnya.

“Kemarin sudah kita bersihkan dan kita kasih pagar, rencana kita dengan dinas pertanian, kecamatan dan kelurahan akan kita tanami tenanan holtikultura di sana, bisa cabai atau sayur. Nanti di dalam praktiknya, kita libatkan para RT buka taman, dinas sudah kita hubungi dan mereka siap bantu bibit,” katanya.

Selain bibit, DPPP Basel yang dipimpin Risvandika itu, lanjut Hefi juga telah menerjunkan penyuluh pertanian yang nantinya akan mendampingi Ketua RT dari saat proses tanam sampai panen. Dia berharap, ke depan masyarakat tidak akan lagi membuang sampah di kawasan itu melainkan di tempatnya.

“Jadi lahan itu punya orang, kita sudah izin kemarin untuk buat taman hijau di sana agar tidak lagi ada yang buang sampah. Pemilik sepakat asalkan tidak ditanami tanaman keras, kami bilang siap dan akan tanam sayur atau cabai, waktu panen singkat untuk menambah penghasilan RT dan RW,” jelasnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *