Forum Anak Daerah Basel Gelar Pertemuan, Debby Sampaikan Amanat Ini

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Debby Vita Dewi membuka secara langsung kegiatan Pertemuan Forum Anak Daerah pada Senin (13/3) pagi di Ballroom, Grand Marina Hotel Toboali.

Turut hadir pada kesempatan itu Ketua Lembaga Perlindungan Anak Daerah (LPAD) Babel Nurmala Dewi Hernawati, Kajari Basel Riama BR Sihite melalui Kasubbagbin Wika Hawasara. Lalu ada pula Ketua Fasilitator Anak Basel Istiya Marwinda, Ketua Forum Anak Basel Selly dan perwakilan dari Polres Basel.

Serta tamu undangan lainnya. Wabup Basel Debby Vita Dewi berujar, Forum Anak adalah wadah partisipasi anak dan anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak. Yang dikelola oleh anak dan dibina oleh pemerintah sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, pendapat dan kebutuhan anak.

Dan keinginan anak-anak dalam proses pembangunan. Pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2019 sudah mengatur tentang Penyelenggaraan Forum Anak. Pertama adalah berperan sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) dan terlibat di perencanaan pembangunan.

“Pada saat menjalankan peran pelopor, forum anak dapat selalu membangun kebiasaan yang positif, inovatif dan kreatif yang dimulai dari diri sendiri dan mengajak orang lain untuk melakukan kebiasaan ini. Begitu pula saat mereka menjalankan peran sebagai pelapor,” ungkapnya seizin Bupati Riza Herdavid.

“Sebagai pelapor, forum ini hendaknya dapat melapor hambatan terpenuhnya hak anak dan perlindungan khusus. Jadi pentingnya pertemuan ini untuk dapat meningkatkan kualitas forum ini dan berkolaborasi dalam menjalankan tugas, peran sebagai pelopor, pelapor saat balik ke lingkungannya,” ujarnya.

Debby mengapresiasi kepada pengurus Forum Anak, Fasilitator dan Duta Anak yang telah bekerja sepanjang 2022 dan di tahun-tahun sebelumnya. Sehingga peran mereka dapat menjawab amanat UU Nomor 35 tentang Perlindungan Anak. Peran ini juga membuat predikat Madya berhasil diraih di tahun 2022.

“Alhamdulillah di tahun lalu, Basel bisa meraih predikat madya dalam evaluasi Kabupaten Layak Anak. Capaian ini tak lain berkat kontribusi dari forum anak daerah yang begitu kompak menjalankan programnya dan saling bersinergi dengan pemerintah daerah,” sebut istri H Jamro H Jalil tersebut.

Dia berharap, di tahun 2023 ini Pemkab Basel dapat meraih kembali predikat Kabupaten Layak Anak (KLA). Tentunya tidak terlepas dari program forum anak yang telah berjalan selama ini. Semoga pertemuan forum anak daerah ini dapat berjalan dengan maksimal dan membawa kemajuan untuk daerah.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *