Jalan Protokol Sudah Bersih, Ini PR Berikutnya Eksekutif

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Daerah sepanjang jalan protokol Kota Toboali, Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kian hari kian bersih. Kesadaran masyarakat yang tinggal di sepanjang Jl Jenderal Sudirman itu dalam menjaga kebersihan lingkungan sudah semakin meningkat saat ini.

Hanya di lapangan masih ada sejumlah titik yang terlihat tumpukan sampah di wilayah ibukota dari tiga kelurahan yang ada. Kondisi ini tentunya masih jadi pekerjaan rumah (PR) bersama agar bagaimana oknum di masyarakat bisa membuang sampah pada tong sampah dan tidak sembarang tempat.

“Untuk itu saya meminta Pemkab Basel lewat Dinas DLH untuk pengadaan tong sampah di tiga kelurahan. Koordinasi dengan melibatkan ketua RT sampai kelurahan untuk mendata berapa unit yang dibutuhkan,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Basel Wendy ketika dikonfirmasi pada Rabu (1/2) pagi.

“Sehingga apabila masyarakat hendak membuang sampah, ada wadahnya. Mengapa hanya kelurahan karena kalau di desa mempunyai dana desa, dan banyak saya melihat di desa-desa sudah ada tong sampah yang mungkin dianggarkan dari dana desa,” tambah Politisi Demokrat tersebut.

Menurut Wendy, sampah akan dibuang sembarangan lagi apabila tidak adanya wadah yang disediakan. Selain itu, dia juga meminta eksekutif harus tegas dalam menjalankan dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda) berkaitan dengan pengelolaan sampah. Ini agar kebersihan lingkungan terus terjaga.

“Retribusi sampah juga harusnya dapat dijalankan di semua wilayah. Tidak hanya lokasi di sepanjang jalan protokol saja sehingga pendapatan asli daerah atau PAD bisa didapatkan, dan pelayanan terhadap kebersihan sampah bisa dilakukan secara maksimal,” harap Wendy.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *