Lebih dari 3 Ton Buah Semangka Berhasil Dipanen PKK Desa Airgegas

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Airgegas, Bangka Selatan (Basel) Maryati Yonsalakari menghadiri acara panen perdana buah semangka di kawasan lahan ketahanan pangan Desa Airgegas pada Senin (31/1) sore.

Panen di atas lahan sawit seluas 1 ha milik Pemdes Airgegas itu turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Susiyani Masri dan seluruh kader PKK Desa Airgegas. Sebanyak 3,2 ton buah semangka berhasil dipanen pada kegiatan kali ini dan bertahap akan berlanjut karena sebagian buah belum siap dipanen.

Diprediksi untuk tiga kali panen, di atas lahan tersebut akan menghasilkan produksi mencapai 10 ton semangka. Informasi yang diterima awak media, sebanyak 3,2 ton buah semangka pada panen perdana yang telah ditanam Kader PKK Desa Airgegas sudah terjual habis diborong oleh pengusaha.

“Alhamdulillah kemarin kita melakukan panen perdana di lahan peningkatan ketahanan pangan di Desa Airgegas. Di atas lahan sawit milik pemerintah desa seluas satu hektare, untuk tanamannya itu buah semangka dan telah ditanam oleh ibu-ibu PKK pada 16 November 2022 lalu,” ungkapnya seizin Ketua TP PKK Basel Elizia Riza Herdavid.

ia menjelaskan mengapa memilih buah semangka yang ditanam. Alasannya karena menanam semangka lebih cepat panen dibandingkan tanaman lain. Kemudian tingkat kesulitan dalam proses menanam semangka lebih mudah, potensi gagal panen dapat juga diminimalisir dengan baik tentunya.

“Paling kendalanya cuma cuaca, kalau pada saat musim hujan penyakit pasti datang sedangkan di musim panas harus selalu disiram. Selebihnya tidak begitu sulit. Selain itu, dalam proses menanam, ibu-ibu PKK Airgegas juga menghadirkan penyuluh untuk berikan pemahaman ihwal semangka,” ujarnya.

Ia bilang, kegiatan ini merupakan salah strategi menjaga ketahanan pangan nasional dalam agenda pembangunan 2022-2024. Pangan adalah kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat dan mempunyai peran yang vital bagi kehidupan suatu Bangsa. Ini menjadi poin utamanya.

Memprioritaskan program peningkatan ketersediaan, akses, kualitas konsumsi pangan. Untuk itu, dia mengapresiasi TP PKK Airgegas yang telah berupaya mendukung program pemerintah pada peningkatan ketahanan pangan. Melalui pemanfaatan lahan desa serta menanam buah semangka di atasnya.

Ketua TP PKK Desa Airgegas Susiyani menambahkan kegiatan pemanfaatan lahan sawit milik pemdes dengan menanam buah semangka tersebut untuk mendukung program pemerintah peningkatan ketahanan pangan dalam agenda pembangunan nasional. Ini terlihat setelah adanya panen perdana.

“Jadi memang untuk tanaman buah semangka ini, kita tanam pada bulan November lalu di atas lahan sawit milik desa kawasan ketahanan pangan, luas satu hektar. Alhamdulillah kemarin kita sudah melakukan panen perdana walaupun baru banyak 3,2 ton buah semangka yang kita panen,” ujarnya.

“Saya mengajak seluruh ibu-ibu di Desa Airgegas untuk mengoptimalkan lahan perkarangan rumah, tanam tanaman pangan produktif sesuai kebutuhan dan keinginan seperti jagung, sayuran, cabai atau tanaman obat yaitu sereh, jahe dan lainnya untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” katanya.

Sementara itu, Kades Airgegas Masri menyebutkan ketahanan pangan bukan hanya menjadi prioritas. Juga menjadi target pemerataan kesejahteraan pada seluruh lapisan di masyarakat. Karena pemerintah telah merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan penguatan ketahanan pangan nasional.

“Karena ketahanan pangan kunci untuk menghadapi potensi krisis global. Saya harap ibu-ibu PKK Desa Airgegas untuk terus melanjutkan program ketahanan pangan dengan menanam buah semangka. Juga di masyarakat dengan memanfaatkan lahan rumah untuk menanam tanaman yang produktif,” ujarnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *