Mahasiswa Unmuh Babel Dorong Potensi Cabai Desa Sinarsari agar Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Barat – Sepuluh orang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung (Babel) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sinarsari, Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat (Babar), mengimplementasikan program Kampus Merdeka sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu kegiatan yang melibatkan mahasiswa sesuai pada latar belakang pendidikan untuk memberikan pengalaman belajar bersama masyarakat, mengidentifikasi potensi. Dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi masyarakat.

Dan meramu solusi dari masalah yang ada di masyarakat. Seperti disebutkan Nora, salah satu mahasiswa UBB yang tergabung dalam kegiatan KKN di Desa Sinarsari tersebut. Ia mengungkapkan, kegiatan KKN ini dilaksanakan dengan tujuan dapat menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEKS).

Secara team work (kerja sama tim) dan interdispliner, dapat menanamkan nilai kepribadian yakni keuletan, etos kerja dan tangung jawab pada setiap anggota tim serta menumbuhkan rasa kemandirian. Kepemimpinan dan kewirausahaan yang dapat diajarkan kepada masyarakat sekitar di Desa Sinarsari ini.

“Dalam kegiatan KKN kemarin kami di sini membuat kegiatan produk inovatif sesuai potensi Desa Sinarsari. Produk inovatif ini adalah hasil dari kreasi dan ide pemikiran inovasi sebagai bentuk terobosan dalam memanfaatkan kondisi strategis dan potensial yang dimiliki yakni potensi cabai,” katanya, Minggu (6/2).

“Alasan yang mendasari pemikiran saya bersama dengan teman-teman untuk dapat menyumbangsih ide pemikiran yang berkaitan dengan produk inovatif yakni boca nari atau bubuk olahan cabai sinar sari ialah karena faktor banyaknya potensi cabai yang dihasilkan di desa ini,” bebernya.

Akan tetapi, lanjut Nora potensi cabai ini tidak diolah menjadi produk inovatif yang dapat memiliki nilai jual yang tinggi. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan penghasilan dari produk inovatif, berguna menunjang produktifitas bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Desa Sinarsari.

Ia menambahkan, dalam kegiatan KKN yang dilakukan pada bulan Januari 2023 lalu di Desa Sinarsari didasari pada pelaksanaan produktifitas UKM yang ada. Produktivitas ini ialah salah satu aspek yang menentukan keberhasilan suatu UKM dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat.

Tingkat produktivitas yang dicapai dari UKM merupakan indikator seberapa efisie dalam mengkombinasikan sumber daya ekonomisnya saat ini. Adapun pelaksanaan kegiatan inovatif yang diluncurkan oleh Tim KKN Unmuh Babel berkolaborasi dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sinarsari.

Bentuk Kerja sama ini sebagai tujuan untuk dapat saling bersinergi antara mahasiswa di bidang keilmuan yang mereka miliki dan masyarakat sebagai representasi dan terapan dari hasil olah kreatifitas dan inovasi yang dihasilkan mahasiswa Tim KKN Unmuh Babel. Dengan kegiatan inovatif seperti ini.

“Semoga ini menjadi langkah ke depan yang dapat menghasilkan terobosan produk inovatif lainnya dan memotivasi bagi anak-anak muda agar dapat saling bersaing dalam menciptakan karya yang positif demi kemaslahatan umat. Dan sebagai bentuk pengejawantahan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian, Pengabdian,” pungkasnya.(hanxiao/rilis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *