Perairan Tembelok Kembali Dirambah Tambang Timah Diduga Ilegal

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Barat – Deru mesin dompeng mulai menggema di kawasan perairan Tembelok, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Berdasarkan pantauan langsung pada Sabtu (16/9/2023) pagi di lapangan, terdapat sekitar lebih dari 30 unit ponton tambang timah terparkir di sana. Tidak hanya terparkir saja, namun unit ponton tersebut terlihat beroperasi.

Selain deru mesin terdengar jelas, juga di atas setiap ponton terlihat jelas ada beberapa orang hilir mudik hasil pantauan dari udara melalui teknologi drone. Hal tersebut menandakan bahwa ada aktivitas penggalian biji timah di sana.

Padahal, beberapa waktu lalu kawasan tersebut ada sekitar 31 unit ponton yang ditertibkan aparat kepolisian setempat. Setelah pihak kepolisian mendapati adanya aktivitas penambangan yang dilakukan diduga secara ilegal.

Pasalnya, didapat informasi, selain tak masuk wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP), kawasan itu masuk wilayah tangkap nelayan. Kemudian setelah penertiban tersebut, pihak kepolisian secara rutin melaksanakan patroli dan mengimbau agar kawasan itu tidak lagi ditambang.

“Saya pastikan di wilayah pantai Tembelok dan Keranggan itu tidak ada aktivitas penambangan ilegal karena disitu kita lakukan patroli terus. Dari siang sampai malam, terus ke subuh kita pantau dan lakukan patroli,” kata Kasatpolair Polres Babar yang lama, Sugiyanto, Selasa (23/5/2023) lalu.

Hingga berita ini diturunkan, awak media masih berusaha mengkonfirmasi ke sejumlah narasumber terkait aktivitas pertambangan di Perairan Tembelok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *