Sedekah Ruwahan Digelar SMPN 5 Toboali

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Untuk menjaga salah satu adat budaya yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar acara sedekah ruwahan pada Rabu (8/3).

Sedekah ruwahan yang dilaksanakan di rumah sekolah yang berada di Jl Bahar, Kelurahan Toboali dihadiri oleh seluruh warga SMPN 5 Toboali. Tidak hanya itu dari unsur Ketua Komite, Ketua RT yang ada di wilayah itu, mitra kerja Bank Sumsel Babel Cabang Toboali turut diundang guna memeriahkan acara itu.

Tidak terkecuali para Kepala Sekolah di Kecamatan Toboali. Kepala SMPN 5 Toboali Yulianto mengungkapkan acara ini digelar untuk menjaga tradisi lokal masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadan 1444 H. Didampingi Wakepsek Frans Sanjaya, Yuliantu lalu menjelaskan rangkaian acara itu.

“Jadi pada sedekah ruwahan ini diawali dengan membaca yasin, tahlil dan doa bersama untuk keluarga warga sekolah yang sudah wafat. Baru setelah semua rangkaian tadi selesai, kita makan bersama yang memang sudah kami siapkan sebelum mengakhiri sedekah ruwahan ini,” ungkapnya, Kamis (9/3).

Selain dari pada itu, kegiatan ini digelar juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan kekompakan antar warga sekolah. Dan saling memberikan maaf bagi sesama sebelum nantinya menjalani puasa di bulan Ramadan. Mana kala ada kesalahan diperbuat baik secara sengaja atau tidak sengaja.

“Harapan saya tradisi keislaman yang baik ini terus terjaga dengan baik serta dilaksanakan setiap tahunnya. Semoga melalui kegiatan ini, sekolah kita dapat limpahan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT untuk terus mencetak murid yang berprestasi dan mengharumkan nama daerah ke depannya,” jelasnya.(arif/hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *