Bupati Bateng Punya 3 Program Unggulan 2023 Pada Sektor Ini

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Tengah – Dalam rangka memajukan aspek pertumbuhan ekonomi, tahun 2023 ini Bangka Tengah (Bateng) memiliki 3 (tiga) program unggulan di sektor perikanan dan pertanian.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman kepada Bekawan.co.id, Senin (20/2/2023) di Koba.

Program unggulan tersebut yakni peningkatan perekonomian sistem budidaya air tawar dan air payau (Crab Box), peningkatan produktivitas pertanian, dan peningkatan produksi dan pendapatan nelayan kecil.

“Kegiatan yang kita lakukan berupa sarana budidaya ikan air tawar dan air payau untuk kegiatan kemasyarakatan, bantuan sarana unit pembenihan rakyat dengan pagu total RKPD murni sebesar Rp. 5.552.850.000,” ungkap Algafry.

“Kemudian kegiatan sarana pendukung pertanian sesuai dengan komoditas, teknologi dan spesifik lokasi dengan pagu total RKPD murni sebesar Rp. 4.066.356.000,” sambungnya.

Selanjutnya untuk program peningkatan produksi dan pendapatan nelayan kecil, pihaknya melakukan kegiatan berupa sarana perikanan tangkap berupa alat tangkap ikan ramah lingkungan, alat bantu penangkapan ikan, dan mesin kapal perikanan untuk perahu (kapal kurang dari 5GT dengan pagu total RKPD murni sebesar Rp.1.379.298.000.

Algafry juga menyampaikan capaian produksi perikanan budidaya di wilayahnya mencapai 2.491,31 ton.

“Dalam bidang perikanan kita melakukan pengadaan benih ikan air tawar, ikan lele, nila, gurame, patin dan ikan hias tawar, kemuduan ada pengadaan sarana budidaya air payau crab box 10 paket dan tambak udang vaname skala rakyat,” jelasnya.

Sementara untuk meningkatkan capaian produksi pertanian dan peternakan, pihaknya melakukan pengadaan benih cabe merah, bawang merah, benih padi, kecambah sawit dan benih lada dalam polibag, serta pengadaan mulsa, likat kuning, fungisida, kapur, kompos, urea dan lainnya.

“Perlu diketahui bahwa capaian produksi perikanan tangkap di Bangka Tengah mencapai 27.684,905 ton serta kita juga melakukan pengadaan jaring, GPS, alat komunikasi di laut Ht, mesin kapal kurang dari 5 Gt untuk mensejahterahkan nelayan kecil,” imbuhnya. (Robie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *