Daftarkan Segera, Kementan Buka Beasiswa Sawit 2023, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

1
Share

BEKAWAN.CO,ID, BANGKA TENGAH – Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), membuka Seleksi Nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi (DI, DII, DIII dan DIV) dan Akademik (Strata 1) Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2023 (Beasiswa SDM Sawit 2023).

Pendanaan beasiswa pendidikan ini tersedia untuk kuota 2000 orang penerima dan pendaftaran ini sudah dibuka sejak 12 Mei dan berakhir pada 19 Juni 2023.

Beasiswa ini juga dibuka khusus untuk lima jalur peserta yang terkait sawit: pekebun sawit, karyawan di kebun/pengolahan sawit, keluarga pekebun dan karyawan, pengurus koperasi dan lembaga terkait sawit, serta ASN terkait sawit.Sebanyak 13 perguruan tinggi yang terdiri dari Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta, Politeknik LPP Yogyakarta, Politeknik Kelapa Sawit CWE Bekasi, Politeknik Kampar, ITSI Medan, Universitas Prima Indonesia Medan, INSTIPER Yogyakarta, Sekolah Vokasi IPB, Politeknik ATI Padang, Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan, Politeknik Aceh, Polbangtan Medan, dan Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan.

Diketahui, sasaran penerima beasiswa ini diantaranya adalah pekebun, keluarga pekebun (Anak/istri/suami dari pekebun usaha kelapa sawit), dan sumber daya manusia lainnya, seperti Karyawan/pekerja usaha kelapa sawit, keluarga karyawan/pekerja pada usaha perkebunan kelapa sawit, ASN/PPPK yang bertugas di bidang perkelapasawitan, atau Anggota/Pengurus koperasi bidang perkelapasawitan.

Selain itu, beasiswa ini juga menyiapkan berbagai program studi, Misalnya terdapat pilihan jurusan D1 Pembibitan Kelapa Sawit di Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta, D3 Akuntansi di Politeknik LPP Yogyakarta, D4 Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan di Institut Pertanian Bogor, hingga S1 Sistem Teknologi Informasi di Instut Teknologi Sawit Indonesia.Total 40 program studi di 13 kampus seluruh Indonesia yang terkait sawit, kami sediakan untuk jadi pilihan para calon mahasiswa dalam meraih Beasiswa SDM Sawit 2023. Bahkan terdapat jurusan Akuntansi dan jurusan IT, karena perkebunan juga membutuhkan IT.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangkalan Tengah, Mukhti Rahayu mengatakan, semua peraih beasiswa akan memperoleh fasilitas beasiswa SDM Sawit 2023 berupa transport pulang pergi kampung halaman menuju kampus, biaya pendidikan penuh, kesempatan magang di perkebunan besar dan sertifikat kompetensi.

“Peraih beasiswa juga akan mendapatkan uang tunai untuk biaya asrama/kos, uang saku, dan uang buku, yang besarannya disesuaikan dengan Standar Biaya yang telah ditetapkanditetapkan,” ujarnya kepada Bekawan.co.id, Rabu (7/6/2023).

Pendaftaran beasiswa akan ditutup pada 19 Juni 2023. Seluruh proses pendaftaran dan seleksi berlangsung secara online dan tanpa dipungut biaya apapun.

“Untuk tes seleksi sendiri, akan berlangsung pada 26 Juni – 18 Juli 2023 mendatang, sedangkan untuk hasilnya akan
diumumkan pada 22 Agustus 2023,” jelasnya.

Mukhti sampaikan, para peminat bisa memperoleh informasi lebih lanjut dengan mengunjungi Website beasiswasdmsawit.id, dan dapat segera mendaftar dengan menekan tombol “DAFTAR SEKARANG” di Website.

“Penyerahan berkas hingga tes seleksi, nantinya akan berlangsung secara online, dengan metode upload & tes berbasis komputer (CBT),” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Sugianto mengatakan ini merupakan peluang besar untuk pemuda-pemudi Bangka Tengah, yang ingin melanjutkan pendidikan gratis.

“Ini peluang besar, saya berharap dari Bangka Tengah banyak mengikuti seleksi beasiswa ini, Bangka Tengah butuh SDM besar kedepan nanti apalagi pada bidang perkebunan dan pertanian,” tuturnya. (Robie)

1 thought on “Daftarkan Segera, Kementan Buka Beasiswa Sawit 2023, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

  1. 🌌 Wow, blog ini seperti petualangan fantastis meluncur ke galaksi dari keajaiban! 💫 Konten yang menarik di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi imajinasi, memicu kagum setiap saat. 🎢 Baik itu teknologi, blog ini adalah sumber wawasan yang menarik! 🌟 Berangkat ke dalam pengalaman menegangkan ini dari penemuan dan biarkan pikiran Anda berkelana! ✨ Jangan hanya mengeksplorasi, rasakan kegembiraan ini! 🌈 🚀 akan berterima kasih untuk perjalanan mendebarkan ini melalui alam keajaiban yang penuh penemuan! 🌍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *