Desa Tukak Jadi Tuan Rumah Rakor DPC Apdesi Basel Tahun 2023

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Bangka Selatan (Basel), Bangka Belitung (Babel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) perdana tahun 2023 pada Senin (6/3) kemarin di Desa Tukak, Kecamatan Tukaksadai.

Rakor yang dipimpin Ketua DPC Apdesi Basel Mukhlis Insan itu dihadiri hampir seluruh kepala desa, perwakilan dari Dinas PMD dan unsur lainnya. Ketika dikonfirmasi, kata Ketua Apdesi Basel Muklis Insan rakor ini dilaksanakan pihaknya untuk membahas program kerja dan kegiatan pada tahun 2023 ini.

“Memang rutin dilakukan rakor ini serta biasanya setiap tiga bulan sekali, untuk tahun ini baru perdana kita gelar dan tuan rumahnya Desa Tukak. Sedikitnya 43 kades yang hadir, yang berhalangan 7 orang karena sakit atau ada kegiatan lain tak bisa ditinggalkan tetapi tidak mengurangi khidmat rakor ini,” ujarnya.

“Banyak hal yang kita bahas pada rakor ini seperti sinergitas dengan pemda melalui Dinas PMD, regulasi di tingkat desa, teman-teman ada mengusulkan kenaikan tunjangan dari mulai para kades perangkat serta BPD yang dalam hal ini kami dari Apdesi memberikan dukungan,” sebut Kades Airbara itu.

“Kami bahas juga permasalahan intern di desa, beberapa tersangkut masalah sehingga kita cari solusi dan jalan keluar terbaik agar ini bisa diselesaikan dan tidak terulang lagi di esok hari. Ada juga rencana bimtek yang kita bahas untuk meningkatkan kualitas SDM bagi kalangan kades dan jajaran,” ujarnya.

Di samping itu, guna meningkatkan dan memperkuat sinergitas, rencananya pada rakor berikutnya pihaknya akan mengundang unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Basel. Mulai dari bupati, kajari, kapolres, dandim dan unsur lain agar visi misi daerah selaras dengan rencana desa.

“Jadi rakor berikutnya kita agendakan itu mengundang seluruh Forkopimda Basel, pak bupati, pak sekda, ibu kajari, pak kapolres, pak dandim dan lainnya bertajuk rakor akbar. Sehingga rencana kerja kami selaras pemerintah, tidak berbenturan dengan aturan dan hukum di dalam segala sesuatunya,” katanya.

Dengan begitu, ia berharap sinergitas yang dapat terjalin dengan baik ini bisa berdampak terhadap kemajuan daerah dari tingkat akar rumput. Dukungan dari forkopimda dirasa sangat penting dalam merealisasikan pemerataan pembangunan, meningkatkan ekonomi agar masyarakat lebih sejahtera.

“Kami juga akan membangun sinergi ke Dinas PMD Babel agar rencana kerja masing-masing desa dapat didukung oleh pemerintah provinsi. Dukungan kepada gapoktan juga akan dilakukan supaya mereka lebih aktif lagi untuk mewujudkan daerah kita swasembada pangan di Babel,” pungkas Muklis.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *