Didatangi Tim Penilai Kelurahan/Desa Terbaik Tingkat Babel, Kelurahan Berok Paparkan Program Unggulan

0
Share

BEKAWAN.CO.ID, BANGKA TENGAH – Tim Penilai Lomba Desa/ Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penilaian lapangan ke Kelurahan Berok, Kecamatan Koba, Bangka Tengah, sebagai salah satu peserta lomba desa/ kelurahan terbaik tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Selasa (9/5/2023).

Penilaian tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinsos-PMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta rombongan Tim Penilai Desa/Kelurahan Terbaik dan disambut hangat oleh Bupati Bangka Tengah yang diwakili Sekretaris Daerah Bangka Tengah Pemerintahan, Sugianto, Ketua Pengurus PKK Kabupaten Bangka Tengah, Forkopimcam Kecamatan Koba, dan Kepala Kelurahan Berok.

Diketahui, pelaksanaan penilaian desa dan kelurahan terbaik di kabupaten/kota tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa/ kelurahan yang dilakukan setiap tahun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto mewakili Bupati Bangka Tengah, menyampaikan bahwa dengan ditetapkannya Kelurahan Berok menjadi Desa terbaik tingkat Kabupaten Bangka Tengah tahun 2023 maka ditetapkan pula Kelurahan Berok untuk mewakili Kabupaten Bangka Tengah dalam Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, kelurahan berok hari ini kedatangan Tim Penilai kelurahan/desa dari provinsi, untuk dilakukan penilaian layak atau tidaknya Kelurahan Berok ini melaju ke tingkat nasional,” ujarnya kepada Bekawan.co.id.

Dia katakan, ada beberapa keunggulan yang dimiliki Kelurahan Berok ini sehingga ditetapkan untuk mengikuti Lomba tingkat Provinsi Kepulauan Babel.

“Ada banyak inovasi yang dilakukan Kelurahan Berok ini, selain peningkatan pelayanan kepada masyarakat, kelurahan ini juga punya program unggulan seperti, Program Bank Sampah,” ungkapnya.

“Kelurahan berok ini juga punya kesatuan stakeholder yang luar biasa, mulai dari lurahnya, aparaturnya, ibu pkk serta dukungan bersama dengan masyarakatnya,” tambahnya.

Dengan keunggulan tersebut, Sugianto berharap Kelurahan Berok, Kecamatan Koba nantinya menjadi Desa Terbaik. tentunya dengan Evaluasi, Masukan dan Saran dari Tim Penilai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial-PMD Provinsi Kepulauan Babel, Budi Utama mengatakan hari ini hari kedua untuk penilaian Kelurahan/desa di Bangka Belitung.

Ia menyebutkan, ada 4 indikator dalam penilaian Kelurahan/desa terbaik ini, diantaranya adalah penyelenggaraan pemerintahan, bidang pembangunan, bidang pembinaan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat.

“Dari 4 unsur ini terbagi lagi, ada kesehatan, kewilayahan, ketentraman dan ketertiban, kearsipan serta lainnya. Dan itu semua akan dijadikan sebagai dasar penilaian dalam menetapkan Desa Terbaik Tingkat Provinsi Kepulauan Babel,” jelasnya.

Budi sampaikan, bahwa peserta saat ini tersisa 5 dari 6 kelurahan, karena dari hasil penilaian pihaknya kemarin ada 1 kelurahan yang gugur.

“Dengan itu, untuk semua kelurahan/desa yang ada masih ada harapan untuk jadi yang terbaik, tinggal menunggu dari kami selaku tim penillai lapangan, ” terangnya.

Ditempat yang sama, Camat Koba, Ema Febriyanti mengatakan kecamatan Koba akan terus mensupport, apalagi Kelurahan Berok ini sudah mewakili Bangka Tengah dalam penilaian Kelurahan/Koba terbaik se-Bangka Belitung.

“Mudah-mudahan dalam tingkat provinsi ini, Kelurahan Berok bisa menjadi yang terbaik dan bisa mewakili Bangka Belitung di tingkat nasional,” ucapnya.

“Kedepannya, kita berharap seluruh kelurahan yang ada di Bangka Tengah dari 7 kelurahan yang ada, semuanya bisa mengikuti dalam penilaian kelurahan/desa terbaik di tahun mendatang,” harapnya. (Robie)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *