Jelang Pemilu 2024, Empat Desa di Lepar Deklarasikan Harkamtibmas

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Sejumlah desa di Kecamatan Lepar, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) guna membahas sejumlah topik mulai dari wilayah administratif, teritorial dan hukum, Sabtu (11/2).

Rakor yang berorientasi pada kearifan lokal untuk menciptakan tata kelola keamanan bersama, bersanding dalam aspek hukum ini dihadiri Kepala Satuan Intelijen, Keamanan (Kasatintelkam) Kepolisian Resor (Polres) Basel Iptu Marwan. Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Leparpongok Ipda Ali Akbar.

Serta personel Satintelkam, Polsek dan Koramil Leparpongok dan perwakilan dari empat desa. Yaitu Desa Penutuk, Tanjunglabu, Tanjungsangkar dan Desa kumbung. Kapolsek Leparpongok Ipda Ali Akbar seizin Kapolres AKBP Joko Isnawan menjelaskan seputar topik yang dibahas dalam rakor tersebut.

Dalam kesempatan ini, empat pemdes di Lepar deklarasikan harkamtibmas untuk menciptakan ketenangan dan ketenteraman masyarakat menjelang Pemilu 2024. Sinergi antar pemerintah dan aparat keamanan mutlak harus tertata rapi sebaik mungkin dengan jalur komunikasi yang tersedia sebagai unsur mutualisma dalam kesetaraan.

“Kemarin kita memfasilitasi kegiatan rakor bersama empat desa membahas seperti wilayah administratif, teritorial dan hukum. Agar bagaimana ke depan, tata kelola keamanan bersama yang bersanding aspek hukum berorientasi pada kearifan lokal menjadi lebih baik di Lepar,” ujarnya, Minggu (12/2).

Dalam rakor itu, sebut Ali pembahasan detail dan menyeluruh merambah hingga faktor yang mempengaruhi atau mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di masyarakat. Termasuk komitmen pengendalian penyakit di masyarakat seperti peredaran minuman keras.

Narkoba dan potensi kesalahpahaman masyarakat pada tingkat akar rumput. Untuk itu, dari rakor, harapan bersama ke depan dalam menciptakan tatanan masyarakat Pulau Lepar yang aman damai harmonis menuju kesejahteraan dan kemakmuran dapat terwujud secara perlahan mulai dari saat ini.

“Terlebih menghadapi hajatan pemilu tahun 2024 mendatang ketentraman di masyarakat, keamanan, keharmonisan semuanya harus dijaga. Nanti setelah ini, semua penataan harkamtibmas di wilayah Lepar akan dilakukan analisa dan evaluasi sesuai kebutuhan melihat situasi,” ungkap Ipda Ali Akbar.

“Khususnya pertemuan bulanan dalam mencari solusi taktis di lapangan ihwal tindakan dan langkah bersama yang terkoordinasi. Dalam hal ini semua pemangku kepentingan bertugas memberikan edukasi dan pemahaman kepada warga sesuai tupoksi dan jalan tugas masing-masing,” tambahnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *