MTQH dan Launching Murottal Emas Tingkat Kecamatan Namang Resmi dibuka, Ini Pesan Algafry!

0
Share

Bekawan.co.id, Namang – Bupati Bangka Tengah (Bateng), secara resmi membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadits Nabi (MTQH) tingkat Kecamatan Namang sekaligus melaunching Murottal Emas Program Baru Tahun 2023 yang berlangsung di Masjid Jami’atul Khoir Desa Namang, Bangka Tengah pada Selasa (21/2/2023) malam.

Tampak hadir Komandan Batalyon Infanteri 147/ Ksatria Garuda Jaya, Ketua LPTQ Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Kemenag Kab. Bangka Tengah, Danramil 0413-09 Pangkalanbaru, Kepala KUA Kecamatan Namang, Kepala UPTD Puskesmas Namang, Ketua LPTQ Kecamatan Namang, Kepala Desa se-Kecamatan Namang, Dewan Hakim, Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat, serta Peserta MTQH tingkat Kecamatan Namang.

Pengukuhan Dewan Hakim MTQH

“Kegiatan ini moment yang luar bisa dihari besarnya islam yakni Isra Mi’raj, malam ini MTQH sudah dibuka sekaligus kita launching murottal Emas yang dimana kita mengajak kepada senior-senior MTQH dulu bisa hadir kembali untuk melantunkan suara emasnya,” ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman kepada Bekawan.co.id.

Dikatakannya, pelaksanaan kegiatan keagamaan seperti ini merupakan bentuk upaya pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan sarana prasarana fasilitas keagamaan agar kegiatan seperti ini menjadi subur khususnya di kabupaten Bangka Tengah.

“Ini juga bagian dari syiar islam, yang mana kita berharap MTQH ini tidak hanya kita baca, namun bisa menjadi wujud atau pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari,” jelasnya.

Algafry sangat menginginkan, kabupaten Bangka Tengah bisa menjadi daerah yang Baldatun Thayyibatun WA Rabbun Ghofur. Walaupun kita berbagai macam perbedaan agama, suku, ras dan lainnya, tapi tetap menjadi daerah yang adem, ayem dan tentram.

“Mari junjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dan hadits ini. melalui kegiatan ini mudah-mudahan bisa melahirkan khafilah-khafilah yang qur’ani, yang tahu adab dan sopan santun dalam kehidupan sehari-harinya,” harap orang nomor 1 di Bangka Tengah tersebut.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Kiagus Amiruddin menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk ukhuwah islamiyah dan upaya peningkatan pemahaman terhadap Al-Quran serta syiar agama islam dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Melalui kegiatan ini kami berharap bisa menjadi sarana yang efektif dalama mewujudkan pemahaman Al-Quran yang melahirkan khafilah yang unggul, cerdas dan berakhlaqul karimah,” ujarnya.

Kiagus menyebutkan, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari terhitung dari tanggal 21 Februari hingga 23 Februari 2023.

“Alhamdulillah, ada sebanyak 143 peserta yang turut berpartisipasi dalam MTQH dan Murottal Emas ini, jumlah tersebut ada peningkatan sebanyak 25 orang dibandingkan pelaksanaan sebelumnya,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan ada beberapa cabang pada lomba ini diantaranya adalah Tilawatil Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Al-Quran, Syar’il Al-Quran, Seni Kaligrafi Al-Quran, Musabaqoh Hadits Nabi, Karya Tulis Indah Al-Quran, serta program baru yakni Murottal Emas.

“Murottal Emas ini dibuka khusus untuk masyarakat yang usianya minimal 50 tahun,” terang Ketua Pelaksana tersebut.

Di tempat yang sama, Camat Namang, Jakara Akbar menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Kegiatan MTQH ini sudah kami laksanakan dengan beberapa rangkaian acara sebelumnya, diantaranya adalah lomba adzan, tilawah, dan murottal yang dilaksanakan pada tanggal 18 Februari sampai dengan 20 Februari 2023 untuk tingkat desa di kecamatan namang,” ujarnya.

“Dan hari ini dilanjutkan dengan pawai ta’aruf, pawai obor dan MTQH serta Murottal Emas,” lanjutnya.

Ia sampaikan bahwa dihadirkannya program Murottal Emas Ini bentuk cara kami, bagaimana kami menghormati dan menghapus rindu merdunya lantunan suara qori-qori senior yang ada di kecamatan namang.

“Kami berharap, program ini tidak hanya menjadi motivasi yang segmentasi pada anak-anak saja, tapi juga memberikan motivasi kepada senior-senior lainnya,” imbuhnya. (Robie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *