Momentum Isra Mikraj & Jelang Ramadhan, Masyarakat Nangka Bersih-bersih Kuburan

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Untuk menyambut momentum Bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah tahun 2023 yang sudah di depan mata, ribuan masyarakat Desa Nangka, Kecamatan Airgegas, melakukan aksi bersih-bersih di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Sabtu (18/2) sekitar pukul 07.30 WIB.

Bersih-bersih lingkungan pekuburan di RT 12 Desa Nangka tersebut memang agenda rutin tahunan yang dilakukan masyarakat Nangka sejak dipimipin Bayumi. Masyarakat terlihat antusias bersama-sama dengan semangat yang tinggi bergotong-royong membersihkan lingkungan kuburan tersebut.

Kades Nangka Bayumi ketika dimintai konfirmasi pada Sabtu (18/2) siang mengungkapkan, aksi bersih-bersih ini sudah dua kali dilaksanakan dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Sudah menjadi agenda rutin di Desa Nangka dalam menyambut momentum bulan suci Ramadhan seperti di 2022 lalu.

“Alhamdulillah hari ini masyarakat Desa Nangka kembali melakukan kegiatan bersih-bersih di TPU dalam momentum menyambut bulan puasa dan perayaan peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW tahun 2023. Kegiatan yang kami lakukan dari jam tujuh pagi itu berakhir sekitar jam sebelas,” ungkap Bayumi.

Bayumi berharap melalui aksi bersih ini lingkungan pekuburan di Desa Nangka akan menjadi bersih dan rindang untuk dikunjungi saat ada masyarakat yang hendak melakukan ziarah kubur. Dan juga melalui aksi ini bisa meningkatkan kekompakan serta mempererat tali silaturahmi antar masyarakat Nangka.

“Alhamdulillah kegiatan tadi itu berjalan lancar dan diikuti oleh seluruh warga dari empat dusun di Desa Nangka. Saya harap melalui aksi ini semangat warga dalam bergotong-royong tetap terjaga, silaturahmi tetap terjalin dan terciptanya kekompakan dalam membangun desa lebih baik,” ungkapnya.

“Dan menumbuhkan rasa cinta kepada lingkungan semakin meningkat, jadi tidak hanya lingkungan rumah saja tapi juga konteks yang lebih luas seperti di pekuburan ini. Karena sebelumnya kita selalu ngupah orang untuk bersihkan kuburan, barulah dua tahun terakhir dibersihkan secara bersama-sama oleh warga,” sebutnya.

Pantauan di lokasi, ribuan masyarakat yang terlibat dalam aksi bersih-bersih di pekuburan ini terlihat sibuk dengan pekerjaannya masing-masing sesuai alat yang digunakan. Ada yang mencabut rumpt, menyapu sampah, mencangkul, hingga memungut sampah yang berserakan.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *