Pastikan Kesiapan Pengawas, Bawaslu Bateng Gelar Apel Siaga

0
Share

BEKAWAN.CO.ID,  BANGKA TENGAH – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah menggelar Apel Siaga Pengawas Pemilu tahun 2024 di Alun-alun taman hijau Kota Koba, Senin (27 November 2023). Apel ini diikuti oleh 200 orang jajaran pengawas pemilu seluruh Kabupaten Bangka Tengah yang terdiri dari Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah, serta Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se-Kabupaten Bangka Tengah. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, Jafri.

Saat menyampaikan orasinya, Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Marhaedra Yuliasnyah mengatakan bahwa diselenggarakannya apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pengawas pemilu dalam menyukseskan Pemilu 2024 yang mana tahapan krusialnya akan dimulai saat tahapan kampanye yang dimulai sejak tanggal 28 November 2023.

”Dalam menjalankan tugas pengawas pemilu Kita bukan hanya mengedepankan tugas dan fungsi kewenangan, melainkan juga berusaha memaksimalkan peran masyarakat dan seluruh pihak untuk ikut terlibat mengawasi pemilu,” ucap Marhaendra.

Marhaendra juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, KPU Kabupaten Bangka Tengah, Kapolres Bangka Tengah, Kejaksaan Tinggi Kabupaten Bangka Tengah, Danrem 045 Garuda Jaya serta seluruh stakeholder maupun mitra kerja lainnya atas dukungan dan kerja sama yang diberikan kepada Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah. Ia memaknai dukungan tersebut sebagai wujud sinergi antara bawaslu dengan pihak tersebut untuk bersama-sama mengawal Pemilu Tahun 2024 agar keamanan dan kedamaian di Bangka Tengah dapat terjaga.

”Kemudian kami ucapakan termakasih kepada seluruh rekan-rekan media atas dukungan dan kerja sama selama ini, telah menarasikan pemilu Dan demokrasi di Kabupaten Bangka Tengah sebagai bagian dari upaya kita untuk mengedukasi rakyat,” kata Marhaendra.

Marhaendra juga berpesan kepada seluruh jajaran pengawas pemilu untuk selalu melakukan konsolidasi di internal dan membangun komunikasi dengan pihak luar dengan baik. Ia menegaskan kepada peserta apel untuk tidak takut dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas. Menurutnya tugas sebagai pengawas dilaksanakan berdasarkan undang-undang bukan berdasarkan hal lain.

”Kita bersama-sama memiliki tanggung jawab untuk menjaga suara-suara rakyat agar tidak terdistorsi oleh kepentingan-kepentingan yang tidak sejalan dengan semangat demokrasi. Kami berpesan kepada saudara ku pengawas pemilu se- Kabupaten Bangka Tengah, bahwa Rakyat yang kita wakili, janganlah menjadi korban pelanggaran pemilu,” tegas Ketua Bawaslu Bangka Tengah.

Sebelum menutup orasinya, Marhaendra menyatakan Bawaslu Bangka Tengah siap mengawasi Pemilu 2024. Ia berharap dari pesta demokrasi ini nantinya akan terpilih pemimpin yang akan membawa Bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Selanjutnya Pimpinan Bawaslu Bangka Tengah bersama Pimpinan Bawaslu Babel dan Forkompinda setempat secara simbolis menekan tombol  sirine sebagai tanda kesiapan pengawasan kampanye pemilu 2024 di Bangka Tengah.
(Red/Bkw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *