Polsek Belinyu Amankan Perayaan Ibadah Sembahyang Kubur Umat Tionghoa

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka – Ribuan warga Tionghoa yang melaksanakan perayaan ibadah Sembahyang Kubur (Cheng Beng) di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapatkan pengamanan dari aparat kepolisian sektor (Polsek) setempat, Rabu (5/4).

Untuk lokasi pelaksanaan pengamanan perayaan ibadah sembahyang kubur itu sendiri di Pemakaman Kenangan Abadi, Kelurahan Kutopanji, Kecamatan Belinyu. Pantauan di lapangan, Kepala Polsek (Kapolsek) Belinyu AKP Chandra Satria Adi Pradana memimpin langsung pelaksanaan pengamanan.

“Jadi kemarin kita melaksanakan giat pengamanan perayaan cheng beng di Pemakaman Kenanga yang sudah kita mulai sejak jam 04.15 sampai dengan selesai,” ujar Kapolsek Belinyu AKP Chandra Satria Adi Pradana seizin Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya kepada wartawan, Jumat (7/4).

Chandra mengungkapkan sebelum tim pengamanan yang ikut terlibat dari mulai Kepala Seksi Umum (Kasium), Perwira Unit (Panit), Kepala Unit (Kanit) hingga anggota bergerak menuju lokasi, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan apel. Apel sendiri dilakukan di halaman Mapolsek Belinyu.

“Sebelum kita bergerak ke lokasi, pukul 04.00 WIB kita apel dulu, kita susun tugas dari masing-masing personel yang terlibat. Karena bukan hanya pada kegiatan pengamanan saja, tetapi juga pada kesempatan ini untuk mencegah terjadi kemacetan, sebagian anggota ditugaskan mengatur jalan,” katanya.

Secara keseluruhan, sambung mantan Kasatreskrim Polres Basel itu kegiatan ibadah sembahyang kubur yang selesai sekira pukul 08.00 WIB berjalan aman, lancar, tertib dan terkendali. Tidak ada hal-hal yang mengganggu jalannya prosesi ibadah umat Tionghoa di lokasi Pemakaman Kenangan Abadi tersebut.

“Itu mulai padatnya sekitar jam 04.30 WIB, jadi warga Tionghoa mulai datang ke pemakaman, personel yang kita arahkan mengatur jalan sudah stand by agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas. Alhamdulillah sampai kegiatan selesai jam 08.00 WIB, semuanya berjalan lancar,” tambah AKP Chandra.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *