Rakor Kab/Kota Sehat 2023, Algafry Minta Ada Penguatan Pada Strategi KKS Ini

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Tengah – Menuju Bangka Tengah Swasti Saba Wiwerba, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah gelarkan rapat koordinasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) yang dilaksanakan di Ruang Rapat VVIP Kantor Bupati Bangka Tengah, pada Kamis (9/3/2023).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan bahwa sebuah kabupaten/kota yang sehat itu ditentukan oleh proses bukan hanya hasil.

“Ini merupakan tugas kita bersama sebagai pelayan masyarakat, agar mendapat perhatian dan penilaian dari pihak-pihak tertentu,” ujarnya kepada Bekawan.co.id.

Algafry katakan, pemkab akan terus mengupayakan menciptakan dan memperbaiki lingkungan fisik dan sosialnya serta memperluas sumber daya masyarakat yang memungkinkan masyarakat untuk saling mendukung dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal.

“Kesadaran akan pentingnya kesehatan dan berusaha untuk memperbaiki maupun meningkatkannya sangat diperlukan, Dengan demikian setiap daerah dapat menjadi kab/kota yang sehat, terlepas dari capaian indikator kesehatannya saat ini,” ucapnya

“Maka dibutuhkanlah komitmen terhadap kesehatan dan proses serta terstruktur untuk mencapainya,” sambungnya.

Algafry mengungkapkan ada beberapa strategi penguatan untuk mewujudkan KKS ini.

“Penguatan komitmen Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Desa,Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan berwawasan kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap ada peningkatan jejaring dan kemitraan antara masyarakat, pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya .

“Kemudian, akses dan kesetaraan dalam pelayanan dasar harus ditingkatkan dan peningkatan kualitas lingkungan yang kondusif melalui upaya pencegahan dan pengendalian faktor risiko kesehatan,” terangnya.

Algafry juga sampaikan yang tidak kalah pentingnya yakni melakukan peningkatan pada pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan peningkatan penelitian, pendampingan, pengembangan, dan inovasi.

“Kita optimis dan semoga penilaian kinerja Kabupaten Sehat semakin meningkat dan saya yakin jika kita fokus pasti akan tercapai,” imbuhnya. (Robie BKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *