Ratusan Aspirasi Diserap dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Toboali

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Ratusan aspirasi dari 8 desa dan 3 kelurahan diserap oleh Pemerintah Kecamatan Toboali, Bangka Selatan (Basel) di dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun anggaran 2024 yang dilaksanakan pada Selasa (14/2) kemarin.

Hal ini dikatakan langsung oleh Camat Toboali Anshori seizin Bupati Riza Herdavid pada Jumat (17/2) pagi. Dia membenarkan bahwa musrenbang tingkat Kecamatan Toboali tahun anggaran 2024 sudah selesai dilaksanakan pada awal pekan kemarin di Pantai Kelisut Toboali.

Menurut Anshori pada musrenbang ini, masing-masing desa/kelurahan hanya diperbolehkan untuk menyampaikan tiga usulan prioritas. Untuk dibahas dan didiskusikan bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan legislator, walaupun ada puluhan aspirasi yang dibawa mereka semua.

“Kalau total aspirasi dari delapan desa dan tiga kelurahan yang kami catat ada sekitar 190, tetapi kami membatasi tiga yang prioritas saja dibahas dalam musrenbang kemarin. Dan didiskusikan bersama seluruh OPD yang mana pada kesempatan kemarin juga dihadiri Pak Erwin Ketua DPRD,” ujar Anshori.

Sebagai tindak lanjut, pihak kecamatan nantinya akan memilah masing-masing usulan yang bersifat prioritas lalu disampaikan ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda). Agar apa yang bisa direalisasikan pada tahun 2023 langsung disusun, begitu juga kalau usulan itu masuk ke 2024.

“Misalnya yang menjadi agenda pihak kabupaten 2023 akan disusun untuk direalisasikan dan kalau tidak masuk ke program kabupaten 2024. Namun usulan yang dipilih ini bisa dikatakan masuk dalam kategori prioritas tinggi. Tapi rata-rata usulan desa kelurahan ini masuk rencana kabupaten,” bebernya.

“Tapi yang jelas kalau usulan itu masuk di 2023 paling di anggaran perubahan, kalau tidak di 2024. Saya nilai usulan ini bagus semua, karena memang berasal dari bawah dan yang diminta serta diinginkan Pak Bupati Riza itu suara atau aspirasi dari bawah yaitu seluruh elemen di masyarakat,” katanya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *