Riza Serap Aspirasi Nelayan Pasca Laporan Pengusiran KIP oleh PT Timah

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Riza Herdavid menerima audiensi dari puluhan nelayan Batu Perahu, Tanjungketapng, Toboali dan sekitarnya pada Jumat (20/1) kemarin di Gedung Serba Guna Pemkab Basel.

Audiensi ini diterima Riza buntut atas laporan yang dilayangkan perusahaan pelat merah PT Timah Tbk di Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) baru-baru ini terhadap aksi pengusiran Kapal Isap Produksi (KIP) 11 beberapa waktu lalu.

Usai menerima audiensi tersebut, Riza Herdavid menyerap sejumlah aspirasi yang disampaikan masyarakat nelayan dan akan segera ditindaklanjuti ke stakeholder terkait. Oleh karena itu dia akan segera menjadwalkan pertemuan dengan Direksi PT Timah Tbk dan para jajaran di dalamnya atas persoalan ini.

“Saya minta pak sekda menggandakan pertemuan dengan Direksi PT Timah Tbk. Karena masyarakat nelayan tidak anti tambang, cuma pola menambang saja yang jadi pertanyaan, lalu cara kita masuk itu penting. Cobalah segala sesuatu itu dikomunikasikan, dengan masyarakat dan pemda,” ungkap Riza.

“Informasikan kepada kepala daerah di sini, tiba-tiba sudah masuk kapal, kami tidak tahu kemudian konflik, begitu ada konflik panas baru kita dilibatkan. Tapi kalau segala sesuatunya dibangun komunikasi yang baik, secara regulasi, saya pikir kejadian ini tidak terjadi dan jadi pelajaran juga bersama,” ujarnya.

Dengan kondisi demikian, Riza sangat menyayangkan lantaran situasi tentang konflik menyangkut hajat orang banyak seperti ini dapat terjadi. Efek domino yang terjadi akan membahayakan investasi yang akan masuk ke daerah apabila situasi kamtibmas di lapangan tidak aman, kondusif dan terkendali.

Ikut hadir pada audiensi itu perwakilan dari PT Timah Tbk, Dandim 0432 Basel Letkol Inf Gani Rahman, Ketua DPRD Erwin Asmadi, Wakapolres Kompol Ricky Dwiraya Putra, Kasi Intelijen Kejari Michael Yandi Pangihutan, Sekda Eddy Supriadi, anggota DPRD Musani, asisten dan para kepala OPD. Pejabat dan tamu undangan lainnya.(Hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *