Siswa-siswi SDN 3 Simpang Katis Kunjungi Tempat Pembuatan Gula Aren/Kabung Pak Martin Desa Sungkap

0
Share

BEKAWAN.CO.ID, SIMPANG KATIS – Siswa-siswi SD Negeri 3 Simpang Katis, Desa Sungkap melakukan kunjungan ke tempat pembuatan Gula Aren atau Kabung khas Desa Sungkap milik Pak Martin dan Keluarganya yang berada di Desa Sungkap, pada Rabu (18/10/2023).

Kunjungan siswa-siswi tersebut merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran sekolah untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang kearifan lokal, yang salah satunya melihat langsung proses pembuatan gula aren.

Tampak, raut wajah dari siswa-siswi tersebut begitu bersemangat dan happy karena bisa melihat langsung bagaimana cara pembuatan gula Kabung, gula yang sering mereka cicipi tersebut.

Siswa-siswi SD Negeri 3 Simpang Katis Melihat Langsung Pembuatan Gula Aren/Kabung Milik Pak Martin di Desa Sungkap, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah

Martin (35) Petani Aren atau pemilik usaha gula Aren/Kabung tersebut mengatakan, sangat berterima kasih kepada pihak sekolah dan adik-adik semua yang berkunjung ke tempatnya.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur hari ini anak-anak dari SD Negeri 3 Simpang Katis bisa berkunjung langsung ke tempat produksi gule Kabung kami,” ucapnya kepada Bekawan.co.id.

Menurutnya, kedatangan para siswa-siswi ini menjadi momen yang begitu penting bagi dirinya dan keluarga, karena bisa memberikan salah satu ruang kepada mereka untuk belajar tentang Gula Aren atau Kabung tersebut.

“Pembuatan gula kabung ini kan sudah ada sejak dulu turun menurun, dan sudah menjadi kearifan lokal daerah kita, tentunya salah usaha ini bisa dipertahankan dan punya generasi kedepannya,” ujarnya.

Martin pun berharap, dari kunjungan yang dilaksanakan SD Negeri 3 Simpang Katis ini bisa memberikan ilmu dan pengetahuan lebih khususnya kepada anak-anak saat ini.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk semuanya, saya juga berharap usaha yang dirintis sejak lama ini bisa bertahan dan berkembang lebih besar lagi,” Imbuhnya. (Robie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *