Suksesnya Festival Danau Pading II, Ada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Babel Dibelakangnya

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Tengah – Mahasiswa KKN Tematik Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Babel) berpartisipasi dalam kepanitian kegiatan Festival Danau Pading II tahun 2023. Kegiatan tahunan ini sendiri diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Perlang bekerjasama dengan Pokdarwis Perlang, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Pemerintah Provinsi BaBel, KNPI Bangka Tengah, KONI Bangka Tengah serta para Stackholder.

Festival Danau Pading II tahun 2023 bertepatan di hari Sumpah Pemuda yang ke-95 ini terdapat beragam perlombaan, yakni lomba dayung, karaoke, tangkap bebek, lompat karung, tabok bantal dan gaple serta ada sunat masal.

“Kami dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung berjumlahkan 14 orang,” kata salah seorang Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Babel, Jhenna, Minggu (29/10/2023).

Jenna mengaku bangga karena terlibat langsung dalam kepanitiaan Festival Danau Pading II. Menurutnya, kegiatan ini penuh gengsi, karena beragam lomba dilaksanakan disini. Malam Puncaknya, pada Minggu (29/10/2023) Panitia mengundang para Artis, yakni Juwita Bahar dan Herry Gama 1.

“Alhamdulillah, kegiatan meledak. Pengunjung nya banyak, perekonomian pedagang setempat meningkat,” ujarnya.

“Dari berbagai macam lomba yang di adakan, masyarakat lebih berminat pada lomba karaoke. Informasi didapat dari masyarakat, bahwa karaoke merupakan salah satu hiburan yang digemari oleh berbagai kalangan,” ungkap ketua pelaksana Festival Danau Pading II, Jaya.

Sebelum Puncak Festival Danau Pading II yang diadakan Minggu (29/10/2023) malam, di paginya bersama Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman masyarakat melakukan jalan sehat disertai senam dan pengundian kupon berhadiah 2 unit sepeda listrik, 2 kulkas, 2 mesin cuci dan beragam hadiah lainnya seperti TV, Bahan Pokok, hingga peralatan pecah belah.

“Meriah banget acaranya,” ulas Jaya.

Kemeriahan juga terjadi di lomba karaoke tingkat umum dan tingkat Kecamatan Lubuk Besar mulai tanggal 25 hingga 27 Oktober 2023. Peserta lombanya berasal dari Bangka Tengah, Bangka Selatan, Kota Pangkalpinang, Belitung, Bangka hingga Bangka Barat. Lalu ada lomba Tangkap Babek serta gebuk bantal dan lompat karung untuk Ibu-Ibu dan anak-anak.

“Lomba Dayung juga tidak kalah serunya, warga Kurau yang dapat juara umum,” ulas Jaya.

Jaya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintahan Desa Perlang, Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah, Pemerintahan Provinsi Babel serta para Stakholder.

“Kegiatan ini dapat menumbuhkan kembangkan industri Pariwisata di Bangka Tengah. Selain itu dapat merangsang pelaku UMKM di Perlang selalu kreatif menjual beragam produk makanan mereka. Tentu outputnya, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Perlang,” kata Jaya panjang lebar.

Sementara itu, Kepala Desa Wisata (Dewi) Perlang, Yani Basaroni menyebut Festival Danau Pading ini merupakan agenda rutin yang melibatkan para stackholder di Bangka Tengah.

“Kita upayakan kegiatan Festival Danau pading ini berkelanjutan setiap tahunnya,” ungkap pria yang biasa disapa Ronie Arabel ini.

Penulis : Mahasiswa Universitas Babel, Jhenna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *