Tegas, Pemkab Bateng Tidak Pernah Keluarkan Izin Resto dan Bar Angel’s Wing

0
Share

BEKAWAN.CO.ID, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah tidak pernah mengeluarkan izin hadirnya Resto dan Bar Angels Wing, yang berada Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop-UMKM) Bangka Tengah (Bateng) Ali Imron mengatakan pihaknya sampai saat ini belum pernah mengeluarkan izin apapun terkait adanya perizinan tersebut.

“Kami pemerintah Bangka Tengah tak pernah keluarkan izin untuk Angels Wing yang berfokus pada restoran dan bar, apalagi untuk penjualan minuman beralkohol golongan B dan C,” tegasnya kepada Bekawan.co.id, Jumat (26/5/2023).

Dia katakan, semua perizinan tentang bar dan minuman beralkohol sudah diatur oleh provinsi dan juga kementerian, jadi pemkab dalam hal ini tidak bisa sehingga mengintervensi.

“Sistem perizinan semua OSS dan itu diatur Pemerintah Provinsi dan Kementerian Pusat secara langsung. Untuk resto dan barnya itu dari provinsi dan untuk minuman beralkohol tipe A dengan kadar alkoholnya dibawah 5 persen itu langsung pusat,” ucapnya.

Disampaikannya juga, Pemkab Bangka Tengah hanya mengurusi masalah minuman beralkohol jenis B dan C yang kasar alkoholnya diatas 5 persen.

“Kami cuma bisa mengeluarkan izin untuk yang diatas 5 persen tetapi sampai saat ini Bangka Tengah tak pernah keluarkan izin itu dan kami menolak karena tak sesuai peraturan yang ada,” terangnya.

Ali mengungkapkan, pihak Angels Wing memang pernah ingin berkoordinasi dengan Bangka Tengah namun ditolak karena yang bisa dikeluarkan izin hanya untuk hotel dan sektor pariwisata.

“Itu pun gak ada gunanya kepada pemerintah karena kita tidak pernah mengambil retribusi dari minimal beralkohol. Intinya Bangka Tengah tak pernah keluarkan izin penjualan minuman beralkohol tibe B dan C kepada Angels Wing dan Bangka Tengah tak pernah memberikan izin kepada Angels Wing untuk berdiri disini karena semua wewenang ada di provinsi dan pusat,” ungkap Ali.

Ia pun berharap, masyarakat bisa lebih cermat dan mencari tahu informasi secara menyeluruh agar tahu sistem yang berlaku saat ini.

“Jadi saya minta tolong kepada teman-teman pers, dalam hal ini bisa memberikan edukasi ke masyarakat dengan baik, ” imbuhnya. (Robie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *