Uji Kompetensi Wartawan Babel 2023 Resmi Dibuka, Targetkan Wartawan Berkompeten

0
Share

Bekawan.co.id, Pangkalpinang – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Ketua Dewa Pers, Ninik Rahayu melalui via Zoom di Swiss Bell Hotel, Pangkalpinang, Bangka Belitung pada, Jumat (05/05/2024).

Diketahui, Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan oleh Dewan Pers dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) serta Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) tersebut diikuti sebanyak 48 peserta, yang diantaranya 30 Peserta dari PWI dan 18 peserta dari IJTI.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu sangat mengapresiasi PWI Babel dan IJTI bersama dengan Dewan Pers untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan di Bangka Belitung ini.

“Terima kasih yang terhingga kepada seluruh kawan-kawan PWI, IJTI dan seluruh peserta yang hadir dengan antusiasnya atas terlaksana Uji Kompetensi Wartawan ini,” ujarnya melalui via Zoom, pada Jumat (5/5/2024).

“Ini merupakan bentuk upaya kita bersama dalam melahirkan wartawan yang berkompetensi tinggi, profesional dan mengedepankan berita yang dirilis itu bukan hanya informasi yang cepat tapi informasi yang benar dan akurat,” tambahnya.

Ia berharap, sebelumnya maupun setelah melaksanakan UKW ini bukan menjadi hal terakhir untuk terus belajar dan berkembang ke depannya.

“Kedepan nanti, ada banyak tantangan yang akan dihadapi dalam dunia pers. Maka dari itu, selain dalam internal dengan menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas, tapi benar nyatanya untuk bersungguh-sungguh sebaik mungkin untuk demokrasi Indonesia,” harap Ketua Dewan Pers tersebut.

Sementara itu, Mewakili Ketua PWI Bangka Belitung, Supriyadi mengatakan Uji Kompetensi Wartawan yang dilaksanakan di Babel ini sudah ke 9 kalinya.

“Kita sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PWI Babel yang telah menyelenggarakan UKW Babel di tahun 2023 ini,” ujarnya.

Menurutnya, UKW sangatlah penting sebagai daya ukur, jika UKW ini bila diikuti dengan wartawan yang sering melakukan jurnalistik ini akan lebih mudah.

“Ini merupakan upaya PWI Babel juga, untuk melahirkan wartawan yang lebih profesional khususnya dalam menerapkan jurnalistik sesuai dengan Undang-Undang dan Dewan Pers,” terangnya.

“Semoga seluruh peserta UKW 2023 Babel ini lulus dan kompeten dalam dunia jurnalistik, ” sambungnya.

Di tempat yang sama, Ketua IJTI Babel, Herik Kurniawan mengajak untuk bisa bersama-sama mengikuti UKW ini dengan sebaik mungkin.

“Jurnalistik itu bukan hanya menyampaikan informasi semata, tapi juga memperhitungkan dampak yang ditimbulkan setelah pemberitaan, karena tujuan utama dari jurnalis adalah memberikan hal yang positif kepada masyarakat” ujarnya.

Ia menyampaikan, media pers dan para jurnalis memiliki tugas dan tanggung jawab besar kepada masyarakat.

“Tidak hanya mengungkap kasus secara transparan dan akurat, tapi tetap mempertimbangkan dampaknya terhadap pelaku maupun korban apalagi korban tersebut masih di bawah umur,” jelasnya. (Robie/Putri Anggun)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *