Unik! Pj Gubernur Babel Berganti, Ketua LSM Ini ‘Ngambur’ Beras Kunyit

0
Share

Pangkalpinang, Bekawan.co.id – Sebuah pemandangan unik nan jarang, terlihat di pintu masuk Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (14/11) pagi.

Hadi Susilo Purbaya, Ketua LSM AMAK Babel menggelar ritual ‘ngambur’ (menabur) beras kunyit.

Usut punya usut, ritual itu dilakukan Bang Hadi, panggilan akrabnya, sebagai pelaksanaan nazarnya atas pergantian Pj Gubernur Bangka Belitung, Suganda Pandapotan dengan Safrizal ZA sebagai Pj Gubernur Bangka Belitung yang baru.

Dalam aksinya itu, Ketua LSM ini terlihat menaburkan beras yang dicampur kunyit di lantai pintu masuk Kantor Gubernur.

Tak lupa, aktivis senior ini memanjatkan doa sebelum maupun sesudah aksi ngambur beras kunyit itu.

“Doanya semoga Pj Gubernur yang baru bisa menyatukan ASN (aparat sipil negara, red.) yang selama ini seolah terpecah belah,” ujarnya.

Menurut Hadi, sekelas pemimpin harus mampu berbahasa yang menyejukkan, bukan malah menyebabkan kekisruhan di masyarakat yang dipimpinnya. Seperti bahasa yang terungkap di media akhir-akhir ini, pembunuhan karakter dan sakit non medis.

“Masyarakat Bangka Belitung ini bagian dari Rumpun Melayu yang sangat menghargai pemimpinnya dan sangat menjunjung adat istiadat ketimuran. Jadi tidak mungkin berbuat zolim kepada pemimpinnya kalo memang bekerja dengan baik dan menghargai adab dan budaya masyarakat di Babel ini,” tegas Bang Hadi.

Ia pun berharap, PJ gubernur Babel, Safrizal ZA dapat membawa keberkahan dan menyelamatkan Bangka Belitung dari keterpurukan ekonomi Babel.

“Semoga beliau mampu menjalankan tugasnya dengan baik sampai selesai masa baktinya,” tutupnya. (lew)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *