UPT Metrologi Basel akan Cek BDKT di Masyarakat

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Usaha Kecil Mikro (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan terus mensosialisasikan dunia metrologi ke masyarakat luas di tahun 2023 ini.

Kepala UPT Metrologi Disperindagkop dan UKM Basel R Rama Karnamulana mengatakan selain sosialisasi dunia metrologi berupa pengujian alat ukur timbangan dengan dilakukan tera ulang, tetap juga fokus melakukan pengawasan melekat terhadap barang dalam keadaan terbungkus (BDKT).

“Contoh botol mineral 600 mililiter, kita harus ukur apakah isinya betul 600 mili, jadi fokus kita tahun ini sosialisasi dulu bagaimana alat ukur timbangan itu harus rutin ditera ulang untuk menguji keakuratannya. Cek kondisi barang dalam keadaan terbungkus tadi dan kegiatan lainnya,” ujarnya, Senin (6/2).

Sementara ini, sosialisasi dilakukan di masyarakat langsung. Dalam artian jemput bola (Jebol) ke pasar-pasar, pelaku UKM yang membuka toko atau berdagang dengan menggunakan alat ukur timbangan dan berpartisipasi pada kegiatan atau acara dengan mengundang masyarakat banyak.

“Kalau ke penindakan belum sosialisasi terus kita laksanakan tahun ini, karena selain kekurangan SDM untuk tindak oknum yang melanggar, masyarakat juga belum banyak memahami tentang dunia metrologi ini. Kita jemput bola ke masyarakat, meramaikan program Aik Bakung dari Pak Bupati dan lainnya,” pungkas dia.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *