Raih Juara Dua, Mukhlis Termotivasi Bangun Desa Lebih Baik

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Desa Airbara Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meraih juara dua dalam lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten tahun 2022. Airbara berhasil kalahkan 47 desa di Basel lain pada lomba ini.

Piagam dan hadiah lomba diserahkan langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Basel Reza Fahlevi kepada Kades Airbara Mukhlis Insan pada Rabu (1/2) kemarin. Ketika dikonfirmasi, dia mengaku bersyukur atas capaian yang telah diraih oleh desanya tersebut.

“Alhamdulillah kemarin kami menerima penghargaan dari Dinas PMD untuk menerima penghargaan sebagai juara dua dalam lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten tahun 2022. Saya atas nama pribadi maupun pemerintah desa sangat bersyukur,” sebut Mukhlis kepada wartawan.

Dengan diraihnya penghargaan ini, dia berkomitmen akan selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Bagaimana ke depan tata kelola pemerintahan dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku transparan dan akuntabel, melakukan pemerataan pembangunan di seluruh dusun.

“Tentunya dengan penghargaan ini kita dari Desa Airbara semakin termotivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melakukan pembangunan secara merata, meningkatkan kualitas SDM serta perekonomian warga. Bukan berarti malah jadi kendor, tapi kita terus berupaya jadi lebih baik,” katanya.

“Saya kurang tahu persis indikator apa yang dinilai, akan tetapi bukan berarti desa dan kelurahan yang belum dapat juara tidak baik. Kami dari organisasi apdesi juga terus berupaya mendorong bagaimana ke depan semua desa bisa ke arah mandiri, tak ada lagi tertinggal atau sangat tertinggal,” bebernya.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi untuk Dinas PMD Basel yang telah memberikan bantuan satu unit mesin printer untuk Pemdes Airbara. Tentunya bantuan ini akan dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan fungsinya dalam mendukung kinerja pemerintahan di Airbara.

Sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengumumkan hasil lomba tingkat desa dan kelurahan pada tahun 2022. Penyerahan hadiah digelar pada Rabu (1/2) di kantor Dinas PMD.

Dari hasil penilaian yang dilaksanakan secara objektif, Desa Irat, Kecamatan Payung berhasil meraih juara pertama disusul Airbara, Kecamatan Airgegas dan Rias Kecamatan Toboali berada di peringkat ketiga. Sementara, Toboali berhasil meraih juara pertama untuk kategori lomba tingkat kelurahan.

Saat dikonfirmasi pada Kamis (2/2) di ruang kerjanya Kepala Dinas PMD Basel Reza Fahlevi mengatakan lomba tingkat desa dan kelurahan tahun 2022 itu dilakukan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa kelurahan.

“Jadi ini lomba desa, kelurahan tingkat kabupaten tahun 2022 yang memang baru kita serahkan hasilnya kemarin. Untuk pemenang lomba desa tingkat kabupaten pertama Irat, dua Airbara dan tiga Rias. Kalau lomba kelurahan, yang meraih juara pertama Kelurahan Toboali,” ungkap Kadis PMD Reza.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *