Akhir Pekan Ini, Rangkaian Gebyar Literasi Digelar di Balai Wisata

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Pentas malam kesenian dalam kegiatan Gebyar Literasi Tahun di Balai Wisata Daerah Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada tanggal 24-25 Februari 2023 mendatang dimeriahkan pelbagai elemen pelaku kesenian.

Kolaborasi musik dan puisi yang ada di Basel siap menggebrak panggung Gebyar Literasi Basel tersebut. Empat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan di Kecamatan Toboali akan menampilkan siswa-siswinya dalam pagelaran malam kesenian berpusat di kawasan Simpang Lima Toboali itu.

Diantaranya SMAN 1, SMAN 2, SMKN 1 dan SMA Muhammadiyah Toboali. Dari SMAN 1,siswanya akan menampilkan pantun dan puisi. Sementara SMAN 2 akan menampilkan tarian. Sedangkan SMKN 1 akan menyuguhkan musik tradisi. Diikuti SMA Muhammadiyah mempersembahkan musikalisasi puisi.

Sementara itu, dua penyair Toboali Yul Haidir dan Dian Chandra akan membaca puisi istimewa karya mereka dalam pentas itu. Panggung pentas seni rangkaian kegiatan gebyar literasi ini diinisiasi Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP).

Koordinator Pentas Seni Tri Prasetyo saat diminta konfirmasi pada Selasa (21/2) sore mengungkapkan kegiatan pentas seni ini merupakan bagian dari kegiatan Gebyar Literasi Basel yang akan menampilkan karya literasi dari elemen pembangunan daerah. Mulai dari tulisan siswa hingga karya guru.

“Yang tersebar dari Pongok hingga Sebagin akan memamerkan buku karya mereka dalam kegiatan itu. Jadi dalam acara ini, puluhan buku dan puluhan tulisan serta karya literasi dari elemen Basel siap dipamerkan kepada publik. Luar biasa jumlah karya yang masuk dari masyarakat daerah ini,” ujarnya.

Tri Prasetyo menambahkan, budaya literasi ini adalah salah satu elemen penting penunjang kemajuan daerah. Lewat kemajuan literasi daerah ini akan sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia. Untuk itu melalui panggung pentas seni tersebut, diharapkan jadi tonggak kemajuan untuk daerah Basel.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *