Aplikasi SIDOLPIN, Nelayan Bisa Hemat BBM Hingga 5 Liter

0

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Imam Soehadi

Share

BEKAWAN.CO.ID, BANGKA TENGAH – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Imam Soehadi menyampaikan ada 3 program unggulan yang pihaknya miliki di Tahun 2023 ini.

“Kita punya 3 program, yakni program pembangunan perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan,” ucapnya kepada Bekawan.co.id, Kamis (22/6/2023).

Dia katakan, Ketiga program ini tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang indeksnya akan diukur melalui nilai tukar perikanan dan juga nilai konsumsi ikan di Bangka Tengah.

“Ini salah satu upaya untuk membantu para nelayan, kami meluncurkan satu aplikasi yakni Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan (SIDOLPIN) untuk memudahkan dalam mencari titik penangkapan ikan,” ungkapnya.

Imam sampaikan, SIDOLPIN ini merupakan teknologi citra satelit yang digunakan untuk memetakan atau menentukan spot penangkapan ikan untuk memudahkan para nelayan menangkap ikan di lautan,” terangnya.

Kata Imam, sejauh ini penggunaan SIDOLPIN sudah semakin banyak dan berkembang, bahkan untuk para nelayan maupun pemancing yang ingin menggunakan SIDOLPIN, pihaknya sangat terbuka.

“Kami terus meningkatkan keakuratan titik koordinat SIDOLPIN ini sejak tahun 2018, sehingga deteksi titik ikan lebih tepat sasaran,” tuturnya.

“Ini sudah tahun kelima, kami mengembangkan SIDOLPIN bekerjasama dengan Balai Riset Observasi Laut Kementrian Kelautan Perikanan serta Pemkab Bateng,” tambahnya.

Ia menuturkan dengan penggunaan SIDOLPIN, nelayan akan lebih mudah dalam menentukan lokus penangkapan ikan dan menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Data kita menunjukkan biasanya nelayan menghabiskan bahan bakar minyak sebanyak 12 liter per trip, tapi dengan menggunakan SIDOLPIN cukup dengan 7 liter per trip,” tuturnya.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya SIDOLPIN ini, nelayan kita khususnya di Bangka Tengah semakin terbantu dan sejahtera,” imbuhnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *