Camat Toboali Minta Kades & Lurah Serap Seluruh Aspirasi dalam Musrenbang

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Camat Toboali Anshori meminta kepada para kepala desa dan lurah yang belum menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrebang) tahun anggaran 2024 untuk menyerap usulan dan seluruh aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat, Rabu (25/1).

“Sekecil apapun itu usulan, kita catat di dalam draf perencanaan, diinventarisir dan dicarikan solusi yang terbaik atas usulan itu. Karena sejatinya kita hanya menampung, kemudian cari langkah terbaik, solusi tepat, menjembatani kabupaten sesuai visi misi pimpinan daerah,” pinta Anshori.

Saat ini, kata Anshori dari delapan desa dan 3 kelurahan di Kecamatan Toboali baru empat melakukan musrenbang. Diantaranya Kelurahan Teladan, Desa Serdang, Kelurahan Tanjungketapang dan Desa Jeriji. Untuk Desa Jeriji dan Serdang justru baru hari ini melakukan musrenbang di desa masing-masing.

“Satu pekan ini memang diagendakan musrenbang tingkat kelurahan, desa di Kecamatan Toboali. Tanjungketapang, Teladan, Serdang dan Jeriji sudah dan yang belum akan melaksanakan secara bergantian sesuai arahan kabupaten untuk nantinya dibawa ke musrenbang kecamatan dan kabupaten,” ujarnya.

Sebagai pimpinan wilayah, ujar Anshori pihaknya selalu menghadiri pada acara musrenbang untuk mengakomodir dan memfasilitasi seluruh aspirasi dan usulan di masyarakat. Untuk nantinya dibawa ke kabupaten untuk dilakukan pemilahan mana yang jadi kewenangan kabupaten dan desa atau kelurahan.

“Kemudian dipilah lagi mana yang akan jadi prioritas, prioritas inilah masuk ke rencana kegiatan di tahun berikutnya. Untuk agenda musrenbang kecamatan kita agendakan di pertengahan bulan Februari, insya allah. Kita akan bahas lagi nanti aspirasi yang ada di desa dan kelurahan, lalu dirangkum,” bebernya.

“Baru selanjutnya kita teruskan ke dinas terkait, dalam hal ini bappeda dan juga instansi terkait. Kemudian dipilah lagi mana yang jadi prioritas di mereka dan saat musrenbang, kami akan undang seluruh stakeholder yang ada di sini. Seperti puskesmas, polsek, danramil, sekolah dan lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut musrenbang kecamatan ini dan mengundang seluruh unsur tadi untuk kembali mengakomodir mana kala ada usulan yang belum masuk di tingkat desa dan kelurahan. Hanya saja secara garis besar, musrenbang tingkat kecamatan ini untuk mengakumulasi saja dan memprioritaskan usulan.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *