Desa Namang Bateng Masuk 9 Titik Desa Prioritas Penanaman Pelawan dari 72.000 Desa se-Indonesia

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Tengah – Dalam rangka memperingati Hari Desa Asri Nusantara, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah bersama dengan Pemerintah Desa Namang dan PT. Sariwiguna Bina Santosa menggelarkan penanaman pohon pelawan dan beragam jenis tanaman lainnya dengan tema “Desa Menghijaukan Dunia” di Hutan Pelawan, Desa Namang, Bangka Tengah pada Senin (20/3/2023).

Diketahui, kegiatan tersebut berlangsung di seluruh Indonesia yang berpusat di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau melalui Via Zoom dan dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin.

Andrey Ikhsan Lubis selaku Kasubdid pemdes kementrian RI mengatakan kegiatan penanaman pelawan dalam rangka memperingati Hari Desa Asri Nusantara ini menjadi mementum yang baik untuk Desa yang ada di Indonesia.

“Hari ini, kita lakukan penanaman pohon pelawan di 9 titik di Indonesia, diantaranya adalah Maluku, NTT dengan 2 Kabupatennya, NTB, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Aceh dan Bangka Belitung,” ungkapnya.

Dia katakan, dengan adanya program seperti ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan desa dan Indonesia bisa menjadi negara dengan penyumbang udara terbersih nantinya.

“Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat kita bersama-sama dengan pemerintah bisa saling bersinergi dalam mendukung program-program yang ada nantinya,” ujarnya.

“Ini juga bisa menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat desa yang ada di Indonesia, yang tentunya akan membantu dalam pembangunan daerah kedepannya,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan rasa senang dan bangganya karena Desa Namang ini menjadi sorotan dalam hal yang positif dalam pengembangan desa wisata di Indonesia.

“Kita berharap, semua stakeholder yang terlibat dalam pengembangan desa namang ini khususnya yang termasuk desa wisata namang bisa bersama-sama

Algafry meminta agar semua pihak yang terlibat, PUPR, Dinas Pariwisata dan lainnya untuk terus berkolaborasi untuk mendukung desa wisata ini menjadi icon terbaik yang ada di Bangka Tengah.

“Ini momoent penting juga untuk pemkab Bangka Tengah untuk melakukan evaluasi apapun bentuknya yang menghambat pembangunan desa wisata di Bangka Tengah,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Namang, Zaiwan menyampaikan terimakasihnya atas amanah yang diberikan oleh Kementerian Desa kepada Desa Namang menjadi salah satu desa dari 72.000 desa di Indonesia dalam penyelenggaraan penanaman Pohon Pelawan.

“Alhamdulillah, suatu kehormatan bagi kami Desa Namang terpilih menjadi 9 titik prioritas dari Kementerian Desa dalam rangka penanaman pohon pelawan di Hari Desa Asri Nusantara,” ungkapnya.

Ia katakan, Desa Wisata Namang yang masuk dalam nominasi dari 7.325 desa tersebut berhasil masuk dalam 300 besar Desa Wisata di Indonesia.

“Alhamdulillah, saya sangat terharu hari ini Desa Namang sudah masuk dalam 300 besar Desa Wisata di Indonesia, dan saat ini kami masih menunggu hasil menuju ke 75 besarnya,” pungkasnya.

“Kita mohon doa dukungannya mudah-mudahan Desa Namang ini tidak hanya lolos 75 besar tapi bisa lolos 50 besar,” harapnya.

Zaiwan pun menyebutkan, akan terus berupaya mengembangkan Hutan Pelawan ini menjadi lebih baik.

“Kalau di Jawa itu ada Kebon Raya Bogor, nah kita keinginan untuk mengembangkannya seperti itu, mungkin kata orang ini berlebihan, namun ini menjadi cita-cita juga yang kita tanamkan dan mudah-mudahan 5 sampai 10 tahun kedepan Hutan Pelawan ini bisa menjadi Kebon Raya Bangka,” tuturnya. (Robie).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *