Disperindagkop Basel Buka Pasar Murah Jelang Ramadan

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membuka pasar murah menjelang bulan puasa Ramadan 1444 H.

Pasar murah yang digelar pada Kamis (9/3) pagi di Jl Jenderal Sudirman Kota Toboali, persis di halaman Gedung Balai Wisata Pemkab Basel hadirkan pelbagai macam bahan sembako. Mulai dari beras, minyak goreng, terigu, cabai, bawang merah, putih, bawang bombay. Kentang cabai merah besar.

Serta cabai rawit kecil, tomat dan sayur kol. Salah satu konsumen berdomisili di Kelurahan Tanjungketapang Nursida (63) mengapresiasi pasar murah yang dibuka oleh instansi pimpinan M Ikbal tersebut. Sebagai masyarakat kecil, dia merasa sangat terbantu sekali dengan pasar ini untuk membeli bahan pokok.

“Apalagi harga beras yang murah, kalau biasanya harga beras 65 ribu per 5 kilo di pasar murah ini cuma 45 ribu. Saya mengetahui adanya pasar murah ini melalui tetangga sekitar rumah bahwa hari ini ada pasar murah, jadi saya tadi pagi-pagi langsung bergegas ke sini, untuk belanja keperluan,” sebutnya.

“Jadi kita manfaatkan untuk berbelanja keperluan, mulai dari sembako hingga bumbu dapur. Apalagi menjelang bulan ramadan kami ada acara ruwah tentu butuh banyak bumbu untuk memasak. Terima kasih Pak Bupati Basel Riza Herdavid melalui dinas perindag yang telah membuka pasar ini,” tambahnya.

Hal senada juga dikatakan Marina (48) yang berdomisili di Kampung Pasiban, Tanjungketapang. Sebagai pelaku UKM makanan ringan seperti kemplang dan lainnya akui sangat terbantu dengan pasar murah. Banyak bahan pokok dan keperlua lain yang bisa dibeli dengan harga lebih rendah dari pasar tersebut.

“Sebagai pelaku UKM seperti kemplang tentu kita perlu banyak minyak untuk menggoreng. Jadi saya beli minyak itu sedikit lebih banyak dengan harga yang lebih murah dari harga pasar biasanya. Kalau bisa pemda sering-sering adain pasar murah, pas juga mau puasa dan harga sembako biasanya naik,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Era Fitrawati seizin Kadisperindagkop dan UKM M Ikbal mengatakan pasar murah ini dibuka dengan melibatkan dua distributor resmi. Untuk sembako pihak Bulog Babel yang dihadirkan, dan untuk numbu dapur melibatkan distributor Haji Awi dalam pasar murah tersebut.

“Operasi pasar murah ini kita hadirkan sebagai salah satu upaya meringankan beban masyarakat menyambut bulan ramadan. Lewat pasar murah ini harga yang kita berikan kepada masyarakat cukup rendah dari harga pasaran dan semoga bisa membantu dengan selisih harga yang lebih murah,” jelasnya.

Ia menjelaskan, adapun rincian harga sembako seperti beras medium hanya Rp45 ribu/karung ukuran 5 kg, minyak goreng Rp16 ribu/liter, gula pasir Rp 13.500/kg dan terigu Rp 12.500/kg. Ia menuturkan sedangkan bumbu dapur seperti bawang merah dihargai Rp20 ribu/6 ons, bawang putih Rp15 ribu/5 ons, cabai merah besar Rp 10 ribu/2,5 ons.

“Untuk kentang 10 ribu per 6 ons serta garam dapur 12 ribu. Kemungkinan di saat puasa nanti kita usahakan adakan lagi operasi pasar murah agar semakin terbantu masyarakat di wilayah Basel khususnya Kecamatan Toboali. Kalau perlu nanti kita hadirkan juga daging sapi murah, daging ayam murah dan kebutuhan sembako lainnya,” ujarnya.(hanxiao).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *