Gebyar Literasi Perdana, Ini Kata Wabup Basel

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Wabup Bangka Selatan (Basel) Debby Vita Dewi, membuka secara resmi Gebyar Literasi yang digelar kali pertama di Negeri Junjung Besaoh pada Jumat (24/2) kemarin di Balai Wisata Pemkab Basel, Jl Jenderal Sudirman, Simpang 5 Kota Toboali.

Gebyar literasi yang diinsiasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) bersama Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) selama dua hari pada 24-25 Februari 2023 itu diapresiasi Wabup Debby Vita Dewi. Ia menilai kegiatan ini sangat luar biasa.

“Ini sangat luar biasa kegiatan yang dilaksanakan kawan-kawan GPMB, PWI bersama Dinas Perpustakan Kearsipan kita. Apalagi ini baru perdana ada di Basel. Pemerintah akan mendukung ya, kegiatan literasi khususnya untuk mendukung minat baca masyarakat terutama generasi muda,” tambahnya.

Tentu melalui gebyar literasi seperti ini, karya-karya masyarakat bisa dikenal ataupun dipromosikan ke daerah lain terutama luar Bangka maupun Babel. Serta melahirkan penulis-penulis baru khususnya dari kalangan pemuda agar ke depan para penulis itu mengenalkan potensi daerah ke dunia luar.

“Potensi kita sangat banyak, terutama pariwisata, kuliner, ataupun tempat wisata. Kami berharap kegiatan gebyar literasi terus dilaksanakan setiap tahun dan rutin, supaya karya yang dihasilkan bisa ditampilkan di sini dan banyak orang yang mengetahui,” sambung istri Bupati Basel periode 2010-2015 itu.

Sementara Rusmin Ketua GPMB Basel menyebutkan kegiatan gebyar literasi ini, bertujuan untuk mempamerkan karya-karya tulis masyarakat Basel khususnya penulis.

“Intinya dengan kegiatan seperti ini kita bisa memperlihatkan karya-karya penulis asal Basel, apalagi di Kabupaten Basel ini banyak penulis-penulis hebat dan bisa menciptakan sebuah tulisan,” sebut Rusmin.

Menurut Rusmin pihaknya juga terus melakukan gebrakan-gebrakan, terutama dalam meningkatkan minat menulis hingga membaca masyarakat di Basel.

“Selama ini kami sudah berjalan bekerjasama dengan PWI hingga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Basel, melatih menulis generasi muda terutama para pelajar di Basel,” ucapnya.

Ketua PWI Basel Dedy Irawan pun mengatakan PWI Basel terus melakukan gerakan literasi, dimana melalui gerakan liteasi bisa menghasilkan penulis-penulis baru di Kabupaten Basel.

“Kami ada kelas literasi khusus yang digelar oleh kawan-kawan PWI Basel, terutama kami melibatkan Pemkab Basel dan pengurus GPMB. Alhamdulillah masyarakat pun menyambut baik,” kata Dedy Irawan.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *