Hardiknas 2023, Ribuan ASN Pemprov Gelar Upacara Dengan Mengenakan Pakaian Adat Melayu

0
Share

Bekawan.co.id, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Gubernur Bangka Belitung Air Itam Pangkalpinang, Selasa 2 Mei 2023, diikuti oleh unsur Muspida, juga diikuti juga oleh seluruh kepala SMA, SMK dan SLB, perwakilan guru dan siswa serta pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Pejabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu, sebagai Perwira Upacara, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ervawi dan Pemimpin Upacara Resdian, yang merupakan Kepala SMKN 2 Koba.

Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei Tahun 2023 ini mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia mengungkapkan bahwa Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.

Dikatakan Suganda, layar yang sudah dibentangkan jangan sampai terlipat lagi. Semua pelaku pendidikan, baik tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan yang itu semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat”, lanjutnya.

Dia menambahkan saat ini siswa bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan”, tuturnya.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan setiap tahunnya ini merupakan upaya mengenang hari kelahiran dari Ki Hadjar Dewantara yang merupakan Perintis Pendidikan Nasional.

Reporter : Putri Anggun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *