Hutan Lindung di Kota Koba Bangka Tengah Ludes Terbakar, Asap Selimuti Jalan Hingga Rumah Warga

0
Share

BEKAWAN.CO.ID, KOBA – Si jago merah melalap habis lahan di Kawasan Hutan Lindung tepatnya di Jalan ByPass, Kelurahan Padang Mulia, Kota Koba, Bangka Tengah, pada Rabu (4/10/202).

Tampak asap dari kebakaran tersebut telah menyelimuti jalan, sejumlah kendaraan tampak melambatkan lajunya. Bahkan para pengguna jalan memilih putar baik dan mencari jalur alternatif lain karena tidak kuat dengan asap yang menggempul.

Selain itu, berdasarkan pantauan pihak Bekawan.co.id, bahwa dari kondisi asap yang begitu tebal ini juga telah masuk ke rumah – rumah warga sekitar.

Peristiwa kebakaran ini diketahui sudah terjadi sejak pagi kemarin. Petugas Damkar dan BPBD Bangka Tengah berjibaku memadamkan api dengan segala keterbatasan yang ada.

Erwin (28), warga setempat mengaku bahwa peristiwa itu sudah terjadi sejak pagi kemarin. Kata dia, diperkirakan lebih dari 10 hektar lahan yang terdampak akibat kebakaran tersebut.

“Pagi kemarin belum terlalu besar apinya, terus pas sudah siang dan sore lumayan besar. Malemnya udah agak reda,” ucap Erwin.

Kata dia, petugas Damkar dan BPBD Bangka Tengah memang sudah standby dan berjaga-jaga sejak kemarin dan terus berjuang memadamkan api.

“Ngeri juga ini, takutnya kejadian kayak tahun 2015 silam yang terjadi kebakaran hebat,” jelasnya.

Dari pantauan pihak Bekawan.co.id di lokasi, beberapa kali mobil tanki Damkar dan BPBD Bangka Tengah kehabisan dan mengisi di sumber air terdekat.

Sejumlah petugas dengan sisa-sisa tenaganya tampak sudah kelimpungan memadamkan api

Kondisi angin yang kencang membuat api dengan cepat merembet dan membakar lahan yang memang banyak daun dan rerumputan kering.

Sampai saat ini, petugas Damkar dan BPBD Bangka Tengah terus berupaya melakukan proses pemadaman api. (Robie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *