Ilmuwan Hukum Indonesia Isi Kelas Literasi PWI, Yuri: Sederhana tapi Luar Biasa 

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Kelas literasi yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Kamis (9/2) kemarin di Sekretariat PWI Basel, Kota Toboali cukup berbeda dari seperti biasanya.

Selain edisi spesial guna memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, salah seorang narasumber yang dihadirkan pada kelas literasi ini adalah Abrillioga. Dia adalah putra daerah Basel yang masuk dalam daftar 100 Ilmuwan Hukum Indonesia versi World Scientist Tahun 2023.

Selain itu Ketua Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Basel Rusmin Sopian ikut terlibat dalam meningkatkan gerakan literasi daerah melalui kegiatan kali ini. Tidak hanya itu, Ketua PWI Dedy Irawan dan Wakil Ketua Eko Septianto Rasyim turut memotivasi puluhan peserta dari SMAN 2 Toboali pada kelas literasi ini.

Kepala Diskominfo Basel Yuri Siswanto pasca membuka langsung kegiatan ini mengatakan, kelas literasi ini memang sederhana tetapi sangat luar biasa efeknya di masyarakat meningkatkan gerakan literasi daerah. Apalagi para peserta ialah anak sekolah yang punya semangat tinggi dalam belajar.

“Memang harus ada upaya signifikan yang nyata dan konkret meningkatkan literisasi di masyarakat. Saya menilai program kelas literasi ini juga bisa membuat Basel dikenal melalui tulisan-tulisan sejarah dan kearifan lokal yang ada dan tesebar di beberapa titik daerah kita,” ujar Yuri Siswanto.

“Apalagi bisa disinkronisasikan dengan era kemajuan teknologi dikemas dengan digitalisasi, tentunya hal itu semakin mengenalkan potensi daerah dengan tulisan yang dibuat. Kita dari dinas akan berikan reward bagi pelajar atas karya tulisan mereka, baik cerpen, sejarah, keindahan daerah,” katanya.

Dengan penghargaan (reward) begitu, meski mungkin tidak besar setidaknya memancing minat menulis pelajar dan pengetahuan tentang literasi menjadi lebih baik. Sementara itu, Ketua PWI Basel Dedy Irawan menyebut, kegiatan literisasi ini merupakan bagian dari memperingati HPN tahun 2023.

“Untuk kelas literasi edisi spesial pada kali ini, kami hadirkan Abrillioga, seorang dengan karya jurnalistiknya sudah menang di berbagai perlombaan tingkat nasional. Abrillioga salah satu dari 100 ilmuwan hukum Indonesia versi World scientist tahun 2023,” ujar Ketua PWI Basel Dedy Irawan.

“Rusmin Sopian Ketua GPMB sekaligus penulis. Bukan hanya literasi saja, kami sebelumnya sudah melaksanakan giat sosial, seperti bansos, santunan anak yatim. Dalam waktu dekat mungkin juga akan menyelenggarakan lomba fotografi tentang Simpang 5 Toboali rangkaian HPN lokal di Basel,” katanya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *