Inovasi Siskohat Mobile Kemenag Basel Diresmikan Menag Yaqut

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Mobil layanan haji dan umrah yang diinisiasi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diresmikan langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil pada Rabu (15/3) di Kota Pangkalpinang.

Pasca meresmikan kendaraan dengan nama Sikohat Mobile tersebut, Menag RI Yaqut Cholil mengapresiasi Kemenag Basel karena telah berinovasi dalam mempermudah layanan haji dan umrah. Inovasi ini kata dia layak ditiru yang lain sebagai bukti nyata Kemenag selalu hadir di tengah masyarakat.

“Ini sebagai bukti nyata komitmen kami di Kemenaga untuk hadir di tengah masyarakat, memberikan pelayanan yang nyaman, mudah, efektif dan efisien. Khususnya pelayanan haji dan umrah. Apalagi saat ini kita terus meningkatkan kualitas pelayanan haji dan umrah,” ujar Menag Yaqut Cholil.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Babel Tumiran Ganefo. Dia turut memberikan apresiasi kehadiran Siskohat Mobile yang diinisiasi Kantor Kemenag Basel. Ia berharap kiranya kendaraan Siskohat Mobile juga diwujudkan kabupaten dan kota lain di Bumi Serumpun Sebalai.

“Kita terus berupaya meningkatkan hal pelayanan haji dan umrah, Kemenag Basel menjawab dengan meluncurkan inovasi mobil ini. Saya harap ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kemenag lainnya untuk mengikuti langkah inovatif dari Kemenag Basel yang dipimpin Pak Jamaludin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Basel Jamaludin menceritakan seputar inovasi tersebut. Saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/3) pagi, Jamaludin mengatakan kendaraan Siskohat Mobile ini lahir dari inovasi layanan haji dan umrah yang telah diluncurkan oleh Kemenag Basel pada tahun 2020 lalu.

“Jadi awalnya Kemeng Basel launching inovasi layanan berbasis digital tahun 2020 bernama Siskohat Mobile yang memiliki arti sistem komputerisasi haji terpadu. Bahkan saat itu diresmikan langsung oleh Plt Dirjen PHU Kemenag RI Bapak Oman Faturahman di kantor Kemeng Basel,” ungkap Jamaludin.

Ada lima hal terdapat di dalam layanan ini. Pertama pendaftaran haji reguler, penjemputan calon jamaah difabel, rekomendasi pembatalan, rekomendasi paspor umrah dan terakhir adalah menyampaikan informasi dan manasik haji. Akan tetapi, layanan ini dinilai Jamaludin masih memiliki kekurangan.

“Memang layanan ini sedikit mudahkan masyarakat dalam mendaftarkan haji dan umrah, tapi masih bersifat klasikal. Maksudnya masyarakat masih harus datang ke kantor kita jauh, memakan waktu berhari-hari. Munculah ide lagi, kita ubah sistem itu kita yang datangi masyarakat langsung ke desa,” ujarnya.

“Boleh masyarakat datang ke kantor ya, tapi di sisi lain kita fasilitasi ke warga langsung, jemput bola. Akhirnya kami susun segalanya lahir inovasi ini, saya dapat penganugerahan sebagai Duta Inspiratif. Kita diminta buat proposal karena dapat anggaran dari pusat untuk pengadaan mobil ini,” terangnya.

Memang, sebelum menerima anggaran pusat, pihaknya telah menyampaikan bahwa kantor Kemenag Basel sudah memiliki mobil representatif untuk menjalankan inovasi Siskohat Mobile. Akan tetapi kondisinya sudah tidak laik jalan. Respons pusat sangat baik dan anggaran pun turun di tahun 2021.

“Tahun 2021 kita laksanakan dan 2022 mobilnya sudah ada dan kami semakin melanjutkan kegiatan jemput bola ini ke masyarakat. Rencananya tahun lalu, kita sudah mau meresmikan mobilnya dan undang pusat, tapi karena belum terlaksana karena pelbagi hal, kemarin baru sempat diresmikan,” tambahnya.

“Kami awalnya berpikir peresmian unit mobil ini cukup Pak Dirjen Haji atau di bawahnya, malah tidak berpikir Bapak Menag langsung meresmikan. Tetapi alhamdulillah, kebetulan kemarin Pak Menag ada kegiatan di Pangkalpinang, kita bawa mobil ini ke sana dan dapat diresmikan langsung beliau,” ujarnya.

Atas hal itu, ia mengaku sangat senang akhirnya layanan haji dan umrah Siskohat Mobile, pertama di Indonesia itu telah diresmikan. Ucapan terima kasih Jamaludin haturkan untuk seluruh pihak karena telah mendukung dan menyukseskan inovasi ini. Semoga akan tersedia pula di pelbagai daerah.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *