Example floating
Example floating
Bangka Selatan

Jaga Kecantikan Simpang 5, Puluhan Petugas LH & Damkar Gelar Bersih-bersih

×

Jaga Kecantikan Simpang 5, Puluhan Petugas LH & Damkar Gelar Bersih-bersih

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Puluhan pasukan kuning dan hijau dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan aksi bersih-bersih di daerah Simpang 5 Kota Toboali pada Minggu (15/1) pagi.

Sekitar 50 orang terlibat dalam aksi itu lantran Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga mengirimkan puluhan pegawainya. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala DLH Basel Hefi Nuranda seizin Bupati Riza Herdavid.

Example 300x600

“Hari ini kami dari LH dan Damkar gelar aksi bersih-bersih di kawasan Simpang 5 Toboali sebagai wujud terjemahkan atensi dari Bapak Bupati Riza Herdavid untuk menjaga aset yang sudah ada dan dibangun di kawasan ini yang saat ini sudah cantik,” ujar Hefi saat dimintai konfirmasi wartawan.

Dia mengungkapkan, dalam aksi bersih yang kali pertama dilaksanakan di luar rutinitas kegiatan dari pasukan kuning sehari-hari itu meliputi membersihkan seluruh permukaan trotoar dan pedestrian. Dengan cara menyapu dan mencuci serta mengepel oleh petugas yang terlibat.

“Alhamdulillah setelah kita bersihkan di daerah itu sekarang sudah bersih lagi dari pasir, sampah atau debu-debu yang menempel karena memang jalan ke arah Benteng Toboali itu masih tanah merah. Makanya wajar kalau dia jadi kotor apalagi kalau lagi hujan,” kata Hefi Nuranda.

Hefi mengungkapkan rencananya aksi seperti ini akan dilakukan rutin satu kali dalam dua minggu dan menggandeng pelbagai komunitas yang ada di daerah ini. Untuk menumbuhkan rasa memiliki dan mencintai terhadap aset yang sudah ada. Lebih baik lagi kalau dari masyarakat juga ikut terlibat.

“Paling tidak dua minggu sekali dengan jumlah massa yang lebih banyak, kami ingin menggandeng komunitas ke depan untuk menumbuhkan rasa cinta dan memiliki terhadap daerahnya. Jika masyarakat terlibat juga, itu bahkan lebih baik,” bebernya.

“Dan kami minta dukungan masyarakat untuk bersama-sama ayo kita menjaga aset ini dengan merawatnya. Untuk kegiatan hari ini itu tadi kami mulai jam setengah enam pagi, itu dari pasukan kuning dan seluruh pegawai LH terlibat, kemudian sekitar jam sepuluh, baru itu keroyokan dengan damkar,” katanya.

Lebih lanjut, Hefi mengapresiasi ihwal kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya di perkotaan yang saat ini sudah semakin meningkat. Ini dikarenakan tumpukan sampah yang biasa masih ada di sepanjang jalan utama sudah jauh berkurang setiap harinya.(hanxiao)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *