Lomba Regulasi Hukum untuk BPD Akan Digelar

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Lomba tentang regulasi hukum tingkat desa akan dilaksanakan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada tahun 2023 ini.

Lomba ini digelar untuk meningkatkan pemahaman anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi di desa masing-masing. Seperti disebut Ketua Umum (Ketum) DPC Abpednas Basel Husriyanto pada Jumat (24/3) saat dimintai konfirmasi wartawan.

“Nanti lomba regulasi hukum desa ini akan kita koordinasikan dengan Dinas PMD untuk pelaksanaan dan teknisnya seperti apa. Intinya lomba ini digelar untuk mengajak kawan BPD tingkatkan pemahaman dalam mengawasi segala sesuatunya di tingkat desa, baik dana desa dan kinerja kades,” ungkapnya.

“Kalau sudah paham alurnya enak kita mengawasi semuanya dari mulai LKPPD sampai APBDes. Sehingga jika ada sesuatu hal yang janggal atau fiktif kita sudah bisa mengantisipasi dan ambil sikap, tidak boleh dilaksanakan. Bukan justru kongkalikong dengan kepala desa,” tambah Husriyanto.

Dia yang juga menjabat sebagai Ketua BPD Gadung, Kecamatan Toboali itu menilai, masing-masing BPD di Negeri Junjung Besaoh memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah cukup bagus. Hanya memang ilmunya harus terus ditambah agar BPD memiliki marwah dengan peran yang dimiliki.

“Sudah bagus SDM kita, tetapi gerakan dan keingintahuan mereka masih kurang. Ini yang membuat BPD adem, padahal perannya besar dan sejajar dengan kepala desa. Tanpa ada kata sepakat dari BPD tidak akan jalan apa yang diusulkan, direncanakan dan telah diprogramkan,” ungkap Husriyanto.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *