Meriahkan HUT Basel, Kejuaraan Balap Jalanan Siap Digelar

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Kejuaraan balap jalanan dengan tajuk ‘Junjung Besaoh Open Road Race KNPI Babel Championship Piala Bupati Bangka Selatan’ siap digelar di tanggal 18-19 Maret 2023 mendatang. Acara ini akan berlangsung di sirkuit NP Komplek Perkantoran Pemkab Basel.

Ketua Pelaksana Acara Anshori berujar, kejuaran ini akan memperlombakan 13 kelas. Seperti Bebek 4T Standar s/d 150 cc dengan umur dari 17-23 tahun kategori lokal Babel sebagai ajang untuk seleksi atlet balap PON Sesi 1. Kemudian Bebek 4T TU 150 cc (Poin JU) dan Bebek 4T 125 cc (Poin JU).

Selanjutnya Bebek 2T s/d 116 cc (Poin JU), Bebek 2T s/d 120 cc, Scooter TU 180 cc, Scooter STD TU 166 cc (Komunitas Vespa), Matic TU s/d 150 cc, Matic STD Pabrik s/d 150 cc, Bebek 4T STD Pabrik s/d 150 cc. Serta kelas Bebek 2T s/d 116 cc (lokal Babel – Max 20 tahun). Dan Bebek 2T s/d 120 cc.

“Untuk bebek dua tack sampai dengan 120 cc ini khusus untuk manajer atau mekanik. Dan yang terakhir kelas bebek standar dua tack standar sampai dengan 120 cc untuk eks pebalap. Jadi kegiatan ini dilaksanakan sebagai acara untuk memeriahkan HUT ke 20 kabupaten kita,” ujarnya, Kamis (16/3).

Ia menerangkan, sebenarnya kejuaraan balap jalanan ini merupakan agenda rutin KNPI Babel dan mereka awalnya memang ingin menyelenggarakan di Kota Toboali. Gayung pun bersambut, kata Anshori yang mana kebetulan saat ini momentum perayaan HUT Basel sedang berjalan di tingkat kecamatan.

“Jadi kita gelar perayaan HUT Basel di tingkat Kecamatan Toboali kerja sama dengan KNPI Babel dengan acara road race ini. Jadi penanggung jawab utama acara ini adalah KNPI, kami kecamatan panitia penyelenggaranya. Saat ini persiapan terus kita matangkan,” ujar Anshori seizin Bupati Riza Herdavid.

Dia mengungkapkan, acara ini digelar secara terbuka dengan skala nasional. Pasalnya, beberapa peserta yang telah mendaftarkan diri bahkan ada yang berasal dari Jawa, Sumatera dan lokal Babel khususnya. Diperkirakan, akan ada ratusan pebalap yang meramaikan dan berpartisipasi pada acara tersebut.

“Para peserta diperkirakan akan mulai berdatangan pada hari Jumat dan akan diinapkan di Gedung Diklat Pemkab Basel. Sementara proyeksi pengunjung akan mencapai setidaknya 5.000 orang penonton dari dalam dan luar daerah. Pendaftaran memang dikenakan biaya, tapi parkir kendaraan gratis,” katanya.

Ia berharap melalui acara ini akan lahir atlet-atlet berbakat yang akan andil dan mengharumkan nama daerah pada pesta olahraga PON mendatang. Serta hobi dan minat pebalap lokal dapat tersalurkan dan mengurangi kegiatan balapan liar yang sering terjadi di Kota Toboali khususnya dan wilayah Basel.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *