Example floating
Example floating
Bangka Tengah

Pemkab Bateng Launching Internet Gratis Desa, Ini Kata Bupati Algafry!

×

Pemkab Bateng Launching Internet Gratis Desa, Ini Kata Bupati Algafry!

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

BEKAWAN.CO.ID, LUBUK BESAR – Sejak pagi, PAUD Al-Fitriyah yang terletak di Desa Kulur, Kecamatan Lubuk Besar, meriah dengan kehadiran wali murid, perangkat desa, camat, perwakilan OPD, mahasiswa, hingga awak media. Pasalnya kali ini, Kamis (07/09/2023), diluncurkan sebuah program bernama Internet Desa dengan akses Wi-Fi Publik gratis bernama BATENG MAJU.

Program yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfosta) ini digelar untuk mendukung implementasi program kerja Bupati Bangka Tengah dengan sebutan yang sama yakni Program Internet Desa.

Example 300x600

Disebutkan oleh Feri Prihatin Akbar selaku Kadiskominfosta, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik jaringan internet sampai ke tingkat desa di seluruh Kabupaten Bangka Tengah.

“Melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, saat ini telah selesai dilakukan pemasangan infrastruktur akses internet gratis untuk area publik pada 56 desa dan 7 kelurahan di wilayah Kabupaten Bangka Tengah,” ujar Feri melaporkan dasar kegiatan.

Selain itu, Feri mengatakan bahwa Internet Desa ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan di masyarakat terkait ketidaksetaraan akses internet terhadap informasi, pendidikan, dan pengembangan ekonomi masyarakat.

“Jadi dengan Internet Desa ini diharapkan dapat meningkatkan akses internet di desa sehingga setiap warga dapat mengakses informasi dan layanan online dengan lebih mudah, mendukung pendidikan dengan menyediakan akses internet yang memadai untuk sekolah-sekolah di desa, serta mendorong pengembangan ekonomi di desa melalui pelatihan e-commerce dan pendampingan bisnis online,” jelasnya.

Sementara itu, launching yang dipimpin langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, ini juga mengundang para stakeholder terkait seperti General Manager (GM) PT Telekomunikasi Witel Babel (Telkom), Indratmoko Susanto, dan GM SBU Regional Sumatera Selatan PT Indonesia Comnets Plus (IconPlus), Yan Alfino Simanjuntak.

Algafry pada kesempatan ini mengaku sangat mengapresiasi langkah-langkah yang telah diterapkan Diskominfosta dengan dukungan para stakeholder ini.

“Alhamdulillah kita sudah bisa mencapai target program Internet Desa untuk bagaimana semua desa di Bangka Tengah ini terpenuhi kebutuhan internetnya. Hari ini kita sudah coba akses itu semua, dengan dukungan teman-teman dari IconPlus dan Telkom. Sekaligus hari ini kita launching juga nama Wi-Fi Publik kita dengan nama BATENG MAJU,” jelas Algafry.

Selain launching yang ditandai pelepasan balon, Algafry juga langsung mencoba pertemuan daring melalui aplikasi Zoom Meeting dengan 6 perangkat desa/kelurahan mewakili 6 Kecamatan di Bangka Tengah. Ditengarai akses daring berjalan lancar dan sukses berbincang dengan perangkat Desa Guntung, dan Desa Lubuk Lingkuk.

Pada kegiatan ini juga diserahkan bantuan pompa air bersih untuk PAUD Al-Fitriyah dari PT Telkom. Bantuan ini juga disambut baik oleh Bupati Bangka Tengah dan diharap setiap pihak bersyukur atas pencapaian apapun untuk kemajuan pembangunan Bangka Tengah.

“Mari kita banyak-banyak bersyukur termasuk bantuan-bantuan yang sudah kita dapatkan kali ini. Mohon apapun yang telah diusahakan oleh pemerintah bersama para stakeholder ini, dirawat, dijaga, sehingga bisa dipakai hingga waktu yang lama, Bapak/Ibu,” pesan Algafry.

Diberikan juga bantuan berupa alat tangkap ikan dan pembagian kartu Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan kepada 23 orang nelayan.

Dari launching hari ini, direncanakan akan ada penambahan 7 buah Base Transceiver Station (BTS atau sering disebut tower telekomunikasi) dan sekitar 30 titik Wi-Fi Publik di seluruh Kabupaten Bangka Tengah.*

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *