Pengawasan Vermin DPD Kembali Digelar Bawaslu Basel

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kembali melaksanakan pengawasan melekat dalam pelaksanaan verifikasi administrasi (Vermin) dukungan calon anggota DPD pada Pemilu tahun 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasalnya, kegiatan ini sempat terhenti sejak tanggal 7 Januari 2023 yang lalu. Seperti disampaikan Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2MHM) Bawaslu Basel Ferry pada Rabu (11/1) kemarin saat diminta konfirmasi oleh sejumlah awak media.

“Kami kembali melaksanakan kegiatan pengawasan melekat di pelaksanaan vermin dukungan calon anggota DPD pada Pemilu tahun 2024 pasca sempat terhenti sejak tanggal 7 Januari 2023 kemarin. Karena saat ini sistem informasi pencalonan DPD atau SILON sudah bisa digunakan,” ujar Ferry.

Disebutkannya, SILON KPU Basel pada beberapa pekan kemarin sempat mengalami permasalahan sistem atau eror sehingga kegiatan vermin terpaksa dihentikan sementara. Sejauh ini, kata Ferry berdasarkan hasil pengawasan yang sedang berlangsung bahwa data dukungan kembali direset ulang.

“Jadi data dukungan yang kemarin itu, dilakukan reset sehingga KPU kembali memulai melakukan giat vermin dari awal. Kalau hari Rabu kemarin, jumlah dukungan calon anggota DPD pada Pemilu tahun 2024 yang telah terverifikasi sejumlah 17,34 persen atau sebanyak 765 dukungan,” ujarnya.

Data tersebut, disampaikan Ferry hasil dari total keseluruhan berjumlah 4.413 dukungan calon anggota DPD Pemilu tahun 2024. Ferry berharap kembalinya SILON KPU Basel tidak ada lagi kendala yang terjadi di lapangan sehingga proses vermin ini berjalan sesuai harapan tahapannya.(Hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *