Penyesuaian Pasca BLUD Jadi Fokus Utama RS Kriopanting

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Sejak 1 Januari 2023 kemarin, Rumah Sakit (RS) Krio Panting yang berada di Desa Payung Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Akreditasi paripurna juga telah disandang RS Krio Panting Payung.

Direktur RS Krio Panting Payung Helen Sukendy setelah adanya penetapan BLUD tersebut, saat ini pihaknya masih fokus penyesuaian dalam menyusun program-program yang selaras dengan kebijakan dari pimpinan daerah. Karena BLUD sendiri lebih fleksibel dalam hal pengelolaan keuangan rumah sakit.

Sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebuah hal yang bagus ketika sebuah rumah sakit menjadi BLUD, apalagi progres menuju ini cukup siginfikan lantaran satu tahun berjalan dari tipe D dan langsung naik ke BLUD.

“Jadi selama proses penyesuaian saat ini, kami belajar bagaimana cara menyusun laporan keuangan, program kerja, laporan dan tata cara dalam hal pertanggungjawaban. Jadi kita rencananya akan melakukan studi banding kepada rumah sakit yang ada di luar dan telah ditetapkan sebagai BLUD,” ungkap Helen, Senin (31/1).

Meski demikian dengan BLUD pihaknya dalam hal kebijakan lebih leluasa untuk membuat suatu gebrakan, inovasi dan program kerja yang maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Walaupun dalam sisi lain, ada suatu tanggung jawab yang besar di sini tentang penggunaan anggaran.

“Artinya untuk pengeluaran dari pemasukan yang kita terima juga, itu betul-betul kita lihat nanti ke depannya. Ditambah lagi dengan BLUD tuntutan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat semakin besar, apalagi kita sudah UHC dan mensukseskan program berobat gratis dengan KTP,” jelasnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *