Realisasikan P5, Tk Pembina Negeri Koba Kunjungi Museum Timah Pangkalpinang

0
Share

BEKAWAN.CO.ID, PANGKALPINANG – Dalam rangka melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) , TK Pembina Negeri Koba melakukan kunjungan ke Museum Timah Indonesia (MTI), Pangkalpinang, Rabu (24/05/2023).

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari. Sebelum kegiatan ini terealisasi, 3 minggu sebelum kunjungan anak-anak sudah mendapatkan pembekalan terlebih dahulu dari para guru.

“Dan hari ini kegiatan ke Museum Timah terealisasikan, Kegiatan ini kita kemas sekalian dengan piknik anak-anak dan orang tua murid,” ujar Sumiyati, S.Pd., Kepala TK Pembina Negeri Koba kepada Bekawan.co.id.

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan ini guna memperluas wawasan dan menambah pengalaman anak mengenai timah-timah di Bangka Belitung, asal mula timah, perkembangan timah dan kapal keruk timah.

“Kami senang sekali program kita ini bisa terlaksana dengan baik, bisa memfasilitasi perkembangan anak dengan mempelajari sejarah secara langsung di Museum Timah ini,” jelasnya.

Rencananya kegiatan ini akan di gelar setiap tahun kepada para siswa dengan harapan siswa siswi dapat menambah pengetahuan anak akan sejarah di kotanya dan punya pengalaman nyata.

“Insyaallah kegiatannya setiap tahun, cuma kegiatan ini mungkin akan dilaksanakan di tempat wisata berbeda lagi, tergantung musyawarah dengan para orang tua,” ucapnya.

Sementara itu, Pemandu wisata MTI, Dani mengatakan kegiatan kunjungan ini banyak diikuti oleh oleh anak-anak hari ini.

“Kegiatan kunjungan dari TK Pembina Negeri Koba cukup ramai,” tutur Dani.

Ia juga menambahkan, bahwa dalam kunjungan ini, mereka memperkenalkan kepada anak-anak bagaimana kapal-kapal pengeruk timah dan kapal eksploitasi timah, ada juga pemanduan, hasil-hasil tambang di ruang geologi, serta mengajak anak-anak keliling menggunakan bis pownis.

“Harapannya dengan adanya kunjungan tersebut, semoga anak-anak bisa lebih mengetahui sejarah-sejarah timah dan sejarah museum timahnya,” tutup Dani. (Putri Anggun/Robie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *