Tabungan Dari Jual Sampah, Nasabah Bank Sampah Desa Namang Terima Daging Hingga Doorprize

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Tengah – Salah satu program Bank Sampah Pemerintah Desa Namang yang telah dilaksanakan sejak Januari 2023 lalu, kini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

Bagaimana tidak, selain berguna dalam pengelolaan sampah yang baik di desanya, para nasabah bank sampah ini sudah memperoleh banyak pendapatan.

Hingga jelang lebaran ini, Bank sampah yang dikelola oleh Pemdes Namang ini memberikan apresiasi kepada nasabahnya dengan memberikan sebuah hadiah kepada nasabah yang memiliki tabungan terbanyak selama 3 bulan terakhir ini.

Sebelumnya juga, Kepala Desa Namang, Zaiwan sudah menyampaikan bahwa hasil tabungan yang telah terkumpul oleh nasabah menjadi tabungan yang bisa ditukar atau dibeli dengan daging sapi ataupun daging ayam.

“Program ini kami tawarkan kepada mereka, yang mana hasil sampah yang telah dikumpulkan bisa ditabung dan bisa diambil langsung,” ungkap Kepala Desa Namang, Zaiwan kepada Bekawan.co.id. Rabu (19/4/2023).

“Jadi ada yang memilih ditabung, uangnya itulah yang digunakan untuk membeli daging ayam dan daging sapi untuk lebaran,” tambahnya.

Zaiwan mengatakan, jika tabungan yang dimiliki nasabah ini mencapai Rp50 ribu akak dibelikan ayam, dan jika mencapai Rp100 ribu maka dibelikan daging sapi.

“Dan jika ada yang kurang dari jumlah tersebut akan kami tambahnya,” jelasnya.

Daging sapi dan daging ayam tersebut telah dibagikan secara langsung oleh Pemerintah Desa Namang kepada nasabah Bank Sampah di Balai Desa Namang, Bangka Tengah.

“Alhamdulillah daging tersebut sudah kita bagikan kepada mereka dan sekaligus kita berikan doorprize kepada nasabah yang pengumpulan sampah terbanyak,” ucapnya.

“Kami berikan hadiah kepada yang berprestasi ini diantaranya ada Rice Cooker, Kompor Gas dan juga Dispenser,” jelasnya.

Zaiwan sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat suksesnya program ini diantaranya kepada PLN Peduli, Bank Sumsel Babel, PT SBS dan Soll Marina hotel.

Diketahui, sampah yang dikumpulkan oleh pihak pemerintah desa tersebut akan dijual kembali kepada para pengepul ataupun petugas Bank Sampah di Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah.

Ia pun menyebutkan, nasabah Bank Sampah saat ini sudah ada peningkatan, hingga hari ini sudah ada 66 orang yang mengikuti program ini.
“Kita berharap setelah adanya pemberian daging dan doorprize ini, partisipasi masyarakat dalam program Bank Sampah ini semakin banyak,” harapnya.

“Tidak hanya di kalangan ibu saja yang kami harapkan, tapi ini kami berikan kesempatan kepada siapa saja termasuk kalangan anak-anak dan lainnya,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pelawan Namang, Camat Namang yang diwakili oleh Kasi Pmd, Disini, S.Ag. (Robie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *