Telok Herujo Berbentuk Kapal yang Dirakit 9 Hari 8 Malam Bawa Airbara Pertahankan Gelar Juara

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Pemerintah Desa (Pemdes) Airbara, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Bangka Belitung (Babel) kembali meraih juara pertama dalam Lomba Festival Ngarak Telok Herujo yang digelar pada Rabu (15/2) kemarin di Desa Airgegas.

Atas raihan ini Pemdes Airbara berhasil mempertahankan juara pertama dalam lomba yang diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Basel tingkat kecamatan di Kecamatan Airgegas tahun 2023. Pasalnya, tahun 2020 lalu, Airbara juga keluar sebagai juara satu.

Kades Airbara Muklis Insa saat diminta konfirmasi pada Kamis (16/2) siang mengaku senang dan bersyukur atas pencapaian tersebut. Ini dikarenakan persiapan yang dilaksanakan pihaknya di tingkat desa untuk mengikuti lomba sudah begitu maksimal dari jauh hari dalam merangkai hiasan Telok Herujo.

“Alhamdulillah kami Desa Airbara dapat kembali mempertahankan gelar juara, meraih juara pertama seperti yang kita raih di tahun 2020 kemarin. Persiapan yang dilakukan sebelum festival sangat antusias dari kami, selain karena dua tahun tak digelar, juga sebagai bentuk melestarikan budaya di kita,” katanya.

Untuk itu, Muklis yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Basel itu mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi seluruh elemen yang di Desa Airbara. Yang telah berupaya merangkai hiasan Telok Herujo dengan pelbagai ornamen di dalamnya.

“Dalam membuat hiasan Telok Herujo ini kami melibatkan seluruh elemen di masyarakat mulai dari perangkat desa, BPD, Kadus, RT, PKK, tokoh agama, masyarakat, pemuda serta warga yang mempunyai keahlian. Saya ucapkan terima kasih, capaian ini, berkat kerja keras kalian semua,” sambung Muklis.

“Jadi tema yang kita usung pada Telok Herujo ini berbentuk kapal dengan ornamen objek wisata Airtawas di desa kita dan proses perakitan dan hiasan telok herujo yang dilakukan masyarakat selama sembilan hari delapan malam. Namun kerja keras itu terbayar lunas dengan raihan juara,” pungkasnya.

Muklis berharap dalam Lomba Festival Telok Herujo di tahun yang akan datang, Desa Airbara bisa kembali meraih gelar juara dengan mengusung konsep pastinya lebih baik lagi. Dirinya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Basel Riza Herdavid yang telah mendukung acara tersebut.

“Terima kasih juga kepada Ibu Wabup, Pak Sekda dan jajaran, Pak Camat Airgegas dan seluruh panitia yang telah berusah mempersiapkan acara ini sehingga berlangsung meriah, sukses, aman dan lancar. Alhamdulillah dalam lomba ini cuaca mendukung, peserta dan masyarakat sangat antusias,” ujarnya.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *