Example floating
Example floating
Pangkalpinang

UKW Bangka Belitung 2023 Ditutup, 24 Peserta Dinyatakan Kompeten

×

UKW Bangka Belitung 2023 Ditutup, 24 Peserta Dinyatakan Kompeten

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bekawan.co.id, Pangkalpinang – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 ke-9 yang dilaksanakan oleh PWI, IJTI dan Dewan Pers tersebut resmi ditutup, Sebanyak 24 peserta dari 26 tersebut dinyatakan kompeten dan 2 peserta belum dinyatakan kompeten.

Pengumuman hasil tersebut dibacakan langsung oleh salah satu penguji PWI Bangka Belitung yakni, Romlan di Swiss Bell Hotel, Pangkalpinang pada, Sabtu (6/5/2023).

Example 300x600

Romlan mengatakan, jumlah peserta UKW PWI Angkatan 9 di Kepulauan Bangka Belitung mulanya sebanyak 30 orang, namun yang hadir hanya 26 orang.

“Alhamdulillah, UKW Bangka Belitung yang ke-9 ini sudah kita laksanakan, saya berharap segala pencapaian yang diraih dalam UKW bisa diterapkan nantinya,” ujarnya kepada Bekawan.co.id.

“Selamat kepada seluruh peserta yang sudah dinyatakan kompeten, yang belum dinyatakan kompeten terus semangat karena kalian masih menjadi wartawan,” sambungnya.

Sementara itu, Firdaus Qomar selaku Ketua PWI Sumatera Selatan yang juga penguji UKW Babel 2023, mengatakan jadikan momen ini sebagai langkah awal untuk menunjukkan jati diri kita seorang wartawan yang profesional punya tugas mulia dan amanah ketika menyampaikan informasi kepada masyarakat.

” UKW ini bagian yang sangat penting untuk memetakan atau mengklasifikasikan ketika platform digital yang luar biasa saat ini bisa dilakukan dengan sebaik mungkin,” ucapnya.

Ia menuturkan, ingin seluruh komunitas Pers di Indonesia bahwa posisi wartawan haruslah bertanggungjawab sesuai dengan UUD Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers tersebut. Yang diantaranya melalui penguasaan pada beberapa hal yang harus dipahami.

“Diantaranya adalah yang paling puncak adalah ketaatan seorang wartawan kepada Kode Etik Jurnalistik yang tentunya didasari pada UU Pers, serta UU lain yang mengatur pada Pers di Indonesia,” jelasnya.

“Dan kedua itu berhubungan dengan pengetahuan, yang mana pengetahuan ini harus dikuasai oleh seorang wartawan,” jelasnya lagi.

Firdaus katakan, selamat bagi peserta UKW yang dinyatakan berkompeten, dan bagi yang belum berkompeten jangan putus asa.

“Melalui event UKW ini kita sekaligus belajar bagai mana menulis berita yang baik dan benar. PWI akan terus berbuat semaksimal mungkin agar rekan- rekan wartawan di Babel semuanya berkompeten,” pungkas Firdaus. (Robie)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *