37 KPM di Desa Airgegas Terima BLT Tahap 1

0
Share

Bekawan.co.id, Bangka Selatan – Pemerintah Desa (Pemdes) Airgegas, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 1 untuk tiga bulan periode Januari-Maret di awal tahun 2023 ini.

Penyaluran BLT ini sesuai amanat pada Pasal 3 ayat (5) PMK 190 Tahun 2021. Saat dikonfirmasi, Kades Airgegas Masri mengungkapkan, untuk tahun 2023 ini ada sekitar 37 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdomisili di desanya berhak menerima BLT itu.

Mereka yang menerima BLT sebesar Rp 300.000 dipastikan layak dan berhak berdasarkan hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang dilakukan beberapa pekan kemarin. Di mana, pada musdes tersebut diikuti oleh perangkat desa, BPD dan seluruh elemen di masyarakat dan ditetapkan sebanyak 37 orang.

“Hari ini kami telah menyalurkan BLT di tahap satu, periode Januari, Februari dan Maret kepada 37 KPM yang berhak dan layak menerima sesuai keputusan bersama musdes kemarin. Dan sesuai aturan, masing-masing terima 300 ribu dan dikali tiga bulan jadi 900 ribu,” ujar Kades Airgegas Masri, Senin (6/3).

Dia mengungkapkan, untuk penyaluran BLT selanjutnya selambat-lambatnya dilaksanakan pada bulan April 2023 mendatang. Sesuai intruksi pemerintah kabupaten agar dapat digunakan oleh para KPM mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Tapi, semuanya tergantung dana yang masuk ke rekening desa.

“Kalau arahan kabupaten minimal tiga bulan sekali disalurkan, kita sepakat tapi tergantung dana yang masuk ke rekening desa, kalau di bulan April itu masuk, secepatnya langsung kami salurkan. Yang pasti harapan kita untuk para penerima gunakan uang ini untuk mencukupi kebutuhan dasar,” ujarnya.

“Kebutuhan dasar dalam artian barang rumah tangga, bahan dapur, semabko, jangan macam-macam. Apalagi untuk beli alat elektronik, beli HP misalnya, jangan salah gunakan, ini uang kalian terima karena memang layak, berhak dan kategori kurang mampu, semoga bermanfaat uang ini,” pesan Masri.(hanxiao)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *